Muna

12 OPD Diusul Naik Tipe

BUTONPOS.COM, MUNA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna mulai menata kembali Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Daerah yang dipimpin LM Rusman Emba itu berencana akan mengusulkan penaikan tipe 12 OPD ke DPRD setempat.

Adalah Dinas Perikanan dan Kelautan dari tipe B menjadi tipe A, Dinas Kepemudaan dan Olahraga, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan, Dinas Pertanian dan Kesehatan Hewan, Badan Keuangan dan Aset Daerah, Badan Pendapatan Daerah, Badan Penelitian dan Pengembangan, Bappeda, Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah serta Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman.

Amiruddin Ako, Kabag Humas Pemkab Muna menerangkan, rujukan untuk peningkatan tipe OPD adalah UU no 23 tahun 2014 tentang Pemda dan PP 18 tahun 2015 tentang OPD. Dimana, dalam aturan itu sudah rinci mengatur tentang skor masing-masing OPD.

“Rencana usulan penaikan tipe itu berdasarkan jumlah urusan OPD. Setelah bagian Ortala mempelajari, 12 OPD itu memiliki urusan yang besar,” katanya.

Menurut Amiruddin, rencana penaikan status OPD itu tidak akan berpengaruh pada pejabatnya. Kepala OPD misalnya tetap dijabat oleh esalon II B. “Yang bertambah hanya bidangnya. Contohnya kalau tipe A maka bidangnya empat,” sebutnya. (cr1)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker