Baubau

13 Kelurahan Deklarasi Stop BAB Sembarangan Tempat

Foto bersama usai deklarasi stop buang air besar disembarang tempat

BUTONPOS.COM, BAUBAU – Dengan menggalakan sanitasi berbasis masyarakat menuju Kota Sehat, 13 kelurahan yang tersebar di Kota Baubau deklarasi stop buang air besar di sembarangan tempat di halaman kantor Dinas Kesehatan Kota Baubau, Jumat (29/12/17).

“Hidup sehat sudah menjadi impian setiap orang, masyarakat yang sehat, akan menjadi lebih produktif dan akan lebih besar meraih kesejahteraan,” terang Wali Kota Baubau, Dr H AS Tamrin MH, saat memberikan sambutan.

Selanjutnya Tamrin mengatakan masih banyak masyarakat Kota Baubau yang hidup tidak sehat dengan membuar air besar di sembarang tempat.

“Jika kebiasaan ini dibiarkan akan memberikan dampak buruk terhadap kualitas lingkungan tempat tinggal mereka yang pada gilirannya akan mempengaruhi kesehatan masyarakat,” jelas Tamrin.

Sanitasi total berbasis masyarakat, lanjut Tamrin, merupakan pendekatan untuk merubah kebiasaan masyarakat membuang air besar di sembarang tempat.

“Sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat akan berdampak pada menurunnya jumlah penderita penyakit diare dan penyakit lainnya,” tegas Tamrin.

Untuk diketahui, belasan kelurahan yang deklarasi tersebut diantaranya Kelurahan BWI, Tomba, Tanganapada, Melai, Tarafu, Lanto, Lipu, Sulaa, Waborobo, Ngkaring-ngkaring, Kampeonaho, Lowu-lowu dan Liwuto. (po3)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker