Busel

15 Desa di Busel Gelar Pilkades Serentak Hari Ini

BUTONPOS.COM, BATAUGA – Dari 60 desa di Busel, 15 kepala desa di enam kecamatan menggelar Pilkades hari ini, Selasa (5/12). Penentuan suara masyarakat untuk nahkoda di desa akan ditentukan mulai pukul 08.00 Wita hingga selesai perhitungan suara.

Dari 15 desa yang menggelar Pilkades, delapan desa diantaranya sang petahana atau incumbent ikut bertarung. Nasib mereka pun ada di tangan masyarakat yang akan menyalurkan hak suaranya.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Busel, La Siambo mengungkapkan, persiapan pelaksanaan Pilkades sudah tuntas. Seluruh logistik maupun persiapan pesta demokrasi di desa tersebut sudah didistribusikan sejak beberapa hari lalu. Kini sudah diamankan di masing-masing Polsek.

Calon Sekab Busel ini juga menjelaskan, segala persiapan yang berkaitan dengan jalannya Pilkades serentak ini telah dipersiapkan dengan matang. Termaksud pengamanan yang melibatkan pihak kepolisian.

“Surat dan kotak suara telah ada di masing-masing Polsek. Untuk seluruh logistik sudah sampai di kecamatan masing-masing, tepatnya di Polsek, nanti sebelum pemilihan akan dikirim ke desa,” ujarnya.

La Siambo berharap, pelaksanaan Pilkades serentak di Busel berjalan aman, tertib, kondusif dan Jurdil. Seluruh masyarakat yang memiliki hak suara menentukan pilihannya yang terbaik untuk memimpin desanya.

Pilkades serentak Busel tahap pertama ini menguras APBD sebesar Rp 200 juta di 15 desa dari 60 desa lainya. Sedangkan ada empat desa yang menyelenggarakan Pilkades PAW Kades.

Dari 15 desa, ada delapan calon Kades incumbent yakni Kecamatan Sampolawa Desa Bahari III calon Kades Tasman dan La Zidi. Calon Kades Bahari II, La Miji, Rizal dan La Hedi. Calon Kades Windu Makmur, Dartoni, Ludiman (incumbent) dan Ramli. Calon Kades Watiginanda Syahrudin dan La Bani (incumbent).

Sedangkan Kecamatan Lapandewa, calon Kades Lapandewa yakni Yahya, Rudianto dan Arif Jauh. Calon Kades Gaya Baru, Wa Aua dan La Ode Rahmat. Kandidat Kades Burangasi La Hamirun (incumbent), La Huru dan La Rumai.

Sedangkan Kecamatan Batuatas dari dua desa yang menyelenggarakan Pilkades serentak masing-masing memiliki calon terbanyak dari seluruh desa yang melaksanakan Pilkades serentak. Yakni calon Kades Batuatas Timur, Suriadi, Herlin, Muh Albar, La Ode Mahmud Oga dan Anhaludin. Kandidat Kades Tolando Jaya yakni Saharudin, Hationo, La Sapudi, La Suwu, dan La Saarman.

Kecamatan Kadatua Pilkades Kaofe calon yakni Sumia (incumbent) dan Zarmin. Kecamatan Siompu Barat Desa Kamoali, Musliadin (incumbent) dan La Saheru. Desa Mokobeau calonnya yakni Sutrisno dan La Muliadi (incumbent).

Sementara Kecamatan Siompu yakni Pilkades Lontoi, para calon yakni Zurays, Zainuddin dan Albar. Calon Kades Waindawula, La Aihi dan Sudirman (incumbent). Calon Kades Lapara, Muh Yamin, Ismail (incumbent) dan Ruslan Siombiwi. (aga)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker