Muna

2018, Pemkab Mubar Fokus Bangun Infrastruktur Jalan

BUTONPOS.COM, MUBAR – Pembangunan infrastruktur jalan di Kabupaten Muna Barat (Mubar) masih menjadi perhatian serius bagi pemerintah. Bahkan tahun 2018 nanti, rencananya Pemkab masih akan fokus membangun dan membuka beberapa ruas jalan yang menghubungkan ibukota kabupaten dengan kecamatan yang ada di Mubar.

Bupati Mubar, LM Rajiun Tumada menyebutkan, beberapa ruas jalan yang akan dibuka nanti diantaranya poros Punto-Lagadi, Hondola-Bungkolo tembus Lawa. Kemudian Bungkolo-Lafinde, masuk Lantaito-Laworo sampai Waturempe.

“Jalan yang baru dibuka ini dua jalur dengan lebar 24 meter. Panjang keseluruhan 27 Km. Semua jalan tersebut yang menghubungkan dengan Ibukota Kabupaten Mubar yakni Laworo, dengan beberapa wilayah lain,” ungkapnya.

Selain itu, Pemkab juga rencanannya akan membuka jalan yang menghubungkan Kecamatan Guali dengan Kecamatan Lawa. Anggaran pembukaan jalan itu dialokasikan dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Alokasi Umum (DAU) 2018.

“Hanya saja, 2018 nanti baru pengerasan saja. Nanti 2019 baru dianggarkan pengaspalan. Mumpung kita ini daerah baru, jadi kita buka semua akses jalan. Saat ini ring road kita sudah mulai tata ulang. Kita tingkatkan ketebalannya,” ujarnya.

Khusus perbaikan jalan poros Lagadi-Barangka sampai Tondasi, sudah bukan lagi urusan Pemkab Mubar. Sebab, jalan itu sudah ditingkatkan statusnya dari jalan provinsi menjadi jalan negara.

“Bahkan tahun 2017 ini sudah mulai diaspal. Pengaspalannya dimulai dari Tondasi menuju Lagadi. Mudah-mudahan 2019 nanti sudah selesai sampai di Lagadi. Kalau jalan negara ini sudah mulus, maka akses menuju Tondasi dan beberapa wilayah di Mubar gampang dijangkau,” tuturnya.

Menurut Rajiun, akses jalan ini sebenarnya sudah masuk kebutuhan primer bagi masyarakat. Pasalnya, yang mendorong usaha perekonomian masyarakat, kemudahan akses jalan. Terlebih lagi jalan yang telah dibuka selama ini kebanyakan melewati kebun masyarakat.

“Alhamdulillah masyarakat kita sekarang sudah bisa menikmati program pembukaan jalan yang digalangkan oleh Pemkab Mubar. Mereka sudah tidak kesulitan bolak-balik dari kebun, karena sudah dibukakan akses jalan. Rata-rata pola kerja masyarakat kita berkebun. Jadi dicarikan solusi agar memperlancar usaha para pekebun itu,” tukasnya. (p5)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker