Muna

2018 Perumahan Transmigrasi Dibangun di Tiworo Tengah

BUTONPOS.COM, MUBAR – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Nakertrans) Muna Barat (Mubar) akan menghadirkan bantuan perumahan transmigrasi untuk 25 kepala keluarga (KK) tahun 2018 mendatang. Pemukiman transmigrasi tersebut akan ditempatkan di Desa Monuntu, Kecamatan Tiworo Tengah.

Kadis Nakertrans Mubar, Pakrun mengatakan, pemukiman itu nantinya akan ditempati warga dari luar daerah dan warga lokal. Dari luar daerah berjumlah 10 KK, warga lokal yang akan dimasukan sebanyak 15 KK.

“Penduduk 10 KK itu dari Jawa Tengah (Jateng), kemudian 15 KK merupakan APPDT. Warga lokal ini akan diseleksi dan diprioritaskan bagi mereka yang sudah berkeluarga dan belum memiliki rumah sendiri serta masih bernaung di rumah keluarga atau orang tua,” ungkapnya.

Menurutnya, kondisi lahan untuk pembangunan pemukiman warga trans ini sudah siap. Bahkan didalamnya sudah ada pembangunan berupa masjid dan puskesmas terpadu (Pustu) yang didirikan 2017 ini. Jadi tinggal rumah warga.

“2018 Insya Allah rumahnya sudah dibangun dalam bentuk semi permanen. Kalau sudah jadi semua bangunannya langsung penempatan. Pola kehidupan mereka nelayan. Jadi usaha di laut dan tidak butuh lahan banyak. Mereka hanya diberi pekarangan toh,” ujarnya.

Sebenarnya kata dia, penempatan penduduk transmigrasi direncanakan sejak 2016 lalu. Tetapi saat itu tidak jadi. Kemudian dianggarkan lagi pada 2017 lalu sebanyak 50 KK, dengan total anggaran sekitar Rp 8 miliar. Namun, harapan itu lagi-lagi gagal.

“Mantan kepala dinasnya (Kadis) yang tahan. Mungkin karena persoalan pergantian jabatan. Nanti 2018 ini baru jadi. Anggaran yang disiapkan dari Tugas Pembantuan (TP) sebesar Rp 3,9 miliar,” katanya.

Dikatakan pula, selain dibangunkan perumahan, kedepan juga akan dibangunkan beberapa fasilitas umum di sekitar lokasi transmigrasi. “Mudah-mudahan tahun depan sudah bisa penempatan. Kita sekarang masih mengawal anggaran diturunkan oleh pemerintah itu,” tandasnya. (p5)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker