Lifestyle

3 Manfaat Senam Kegel untuk Wanita Maupun Pria

PUBLIKSATU.COM – Sebagian besar orang sudah mengetahui tentang senam Kegel. Namun tak sedikit yang masih belum tahu mengenai manfaat dari senam jenis ini. Anda salah satunya?

Senam Kegel pada awalnya dikembangkan oleh dr. Arnold Kegel pada1940-an. Senam ini memiliki tujuan awal untuk mengatasi masalah buang air kecil pada wanita yang baru melahirkan.

Namun seiring waktu, senam Kegel diketahui tak hanya memiliki manfaat itu saja. Berikut beberapa manfaat senam Kegel yang perlu Anda ketahui:

1. Mencegah beser.

Pertambahan usia atau akibat tindakan medis tertentu, seseorang dapat kehilangan kemampuan untuk mengontrol keinginan buang air kecil. Dalam dunia medis, kondisi ini disebut inkontinensia urine.

Penderita inkontinensia urine akan mengeluarkan air kencing secara tiba-tiba ketika batuk atau bersin. Pada kasus tertentu, penderita kondisi ini juga bisa buang air kecil secara mendadak, tanpa adanya ‘peringatan’ dari tubuhnya terlebih dahulu.

Dengan melakukan senam Kegel secara tepat, risiko terjadinya inkontinensia urine alias beser bisa ditekan sekecil-kecilnya. Ini karena senam Kegel dapat memperkuat otot yang berada di sekitar saluran kemih.

2. Menjaga elastisitas vagina.

Hamil, melahirkan, dan berat badan berlebih dapat membuat wanita mengalami penurunan kekuatan otot di daerah kewanitaan. Selain tidak bisa menahan buang air kecil, kondisi tersebut juga dapat menyebabkan vagina kendur.

Namun dengan melakukan senam Kegel setidaknya tiga kali sehari secara rutin dan teratur, Anda tidak perlu khawatir akan keadian tersebut. Ini karena senam Kegel sangat efektif untuk melatih otot di organ kewanitaan Anda.

3. Mencegah gangguan ereksi.

Pada pria, penuaan atau tindakan medis tertentu bisa menyebabkan melemahnya otot di sekitar organ reproduksi. Salah satu keluhan yang dapat terjadi akibat kondisi itu adalah impotensi alias hilangnya kemampuan untuk ereksi (disfungsi ereksi).

Pria, Anda tidak perlu khawatir. Senam Kegel bisa menjadi solusi dari masalah tersebut. Bahkan, studi menyebutkan bahwa senam ini juga mampu mengatasi masalah ejakulasi dini. Ini karena senam Kegel efektif untuk melatih kekuatan otot di organ reproduksi.

Untuk mengetahui otot mana yang harus dilatih, Anda bisa mencoba menghentikan aliran kencing ketika buang air kecil. Rasakan sensasi otot yang ikut berkontraksi saat itu. Otot inilah yang akan terlatih bila senam Kegel dilakukan secara rutin.

Satu hal yang perlu diperhatikan, senam Kegel tidak boleh mengakibatkan rasa nyeri di perut maupun punggung. Bila merasakan hal tersebut, berarti cara Anda melakukannya belum tepat.

Ingin merasakan sederet manfaat senam Kegel? Lakukanlah senam ini selama tiga hitungan, dan ulang sebanyak 10 kali. Lakukan setidaknya tiga kali sehari, secara rutin dan teratur. Selamat mencoba.(NB/RVS/klikdokter)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker