Busel

33 Ribu Warga Busel Belum Miliki Kartu JKN

BUTONPOS.COM, BATAUGA – Masyarakat Kabupaten Buton Selatan (Busel) yang belum memiliki kartu Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) mencapai 33 ribu jiwa. Sementara yang sudah mengantongi kartu JKN sebanyak 67.600 jiwa.

Kadis Kesehatan Busel, dr Darwis Makka menjelaskan, jumlah warga yang sudah memiliki kartu JKN sebanyak 67.600 jiwa. Jumlah itu sebanyak 56.000 memiliki JKN lama, ditambah 11.600 jiwa hasil integrasi Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) yang biayai APBD. Namun Jamkesda tersebut sudah dihapus dan diintegrasikan ke JKN.

“Jumlahnya 56.000 JKN lama, tambah 11.600 hasil integrasi Jamkesda, sekarang totalnya 67.600 jiwa yang sudah miliki JKN,” jelasnya kepada Buton Pos, Kamis (7/12).

Sementara warga yang belum memiliki kartu JKN lanjut dia, sebanyak 33 ribu jiwa. Jumlah ini yang ditarget diselesaikan tahun 2018 mendatang oleh Pemkab Busel dan pemerintah desa (Pemdes). “Sisa 33 ribu jiwa yang belum memiliki kartu JKN, ini yang akan di selesaikan tahun 2018 Pemda dan Pemdes, ” katanya.

Dalam pelayanan kesehatan, kata Darwis, rumah sakit daerah Busel juga sudah bisa melayani pemilik kartu JKN sejak 1 November 2017 lalu.

Melalui program ini, setiap warga negara bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang komprehensif yang mencakup promotif, preventif, kuratif dan rehabilitative dengan biaya yang ringan, karena menggunakan sistem asuransi.

Dengan menjadi peserta program JKN ini, pada saat berobat hanya perlu mengikuti prosedur yang ditetapkan dan menunjukan kartu kepesertaan untuk mendapatkan layanan kesehatan sesuai kebutuhan.

Darwis berharap, tahun 2019 nanti semua warga Busel sudah terkafer dalam program JKN, sehingga biaya berobat tidak menjadi masalah lagi. Dan SDM serta kesejahteraan masyarakat Busel lebih meningkat. (aga)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker