Kesehatan

67 Anak “Potong Burung”

BUTONPOS.COM, BATAUGA – Masih dalam rangka Hari Amal Bakti (HAB) Kementrian Agama ke-72 tahun 2017, Kementerian Agama (Kemenag) Busel menggelar sunatan massal secara gratis yang dipusatkan di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Batauga, Rabu (27/12).

Sunatan massal ini diikuti 67 anak dari beberapa kelurahan di Kecamatan Batauga. Kegiatan ini juga terselenggara atas kerja sama Kemenag Busel dengan Pemkab dalam hal ini Dinas Kesehatan Busel.

Kepala Kantor Kemenag Busel, H Muh Saleh sangat mengapresiasi kerja sama yang sudah dilaksanakan antara Pemkab Busel melalui Dinas Kesehatan dengan pihaknya. Pasalnya, Pemkab Busel selalu terlibat aktif dalam mensukseskan kegiatan yang bersentuhan langsung dengan kebutuhan masyarakat.

“Saya mengapresiasi kerja sama pemerintah daerah dalam hal ini Dinas Kesehatan dengan Kemenag Busel,” ujarnya ketika dikonfirmasi, Rabu (27/12).

Tujuan kegiatan ini adalah dalam rangka siar agama mensucikan manusia. Membagi peran aktif Pemkab kepada kalangan masyarakat. Anak warga ikut terlibat aktif diantaranya anak-anak, remaja bahkan diantaranya sudah dewasa.

“Khitanan ini secara medis dari segi kesehatan sangat baik dibandingkan dengan sunat kampung. Karena itu peran kami juga salah satunya adalah siar agama dan amal bakti Kemenag,” katanya.

Ia menambahkan, dukungan aparat pemerintah dan animo masyarakat mengikuti sunatan massal ini sangat tinggi. Terbukti, sejak pagi sudah berbondong-bondong mengantri di pelataran Kantor KAU Batauga untuk mengikuti khitanan yang dilaksanakan langsung tenaga medis Dinas Kesehatan Busel.

Kedepan pihaknya merencanakan akan menggelar nikah massal, nisbat massal dan kegaitan lainya. Selain ini memiliki nilai sosial kemasyarakat, juga nilai ilahiah.

Menurut Saleh, Pemkab Busel melelui Dinas Kesehatan menurunkan tenaga medis 27 orang yang melakukan sunat massal dibantu panitia dari Kantor Kemenag Busel. Pihaknya menyampaikan apresiasi atas pro aktif Pemkab Busel dalam kegiatan keagamaan tersebut.

Ia juga berharap kegiatan keagamaan dan sosial kemasyarakatan di Busel terus meningkat dan bisa berkesinambungan secara terus menerus di tahun berikutnya.

Salah seorang orang tua peserta sunat massal, Basrah (47) juga mengapresiasi terselenggaranya kegiatan sunatan massal ini. Ia juga sangat berterima kasih kepada Kemenag Busel yang sudah membantu masyarakat yang menyelenggarakan sunat massal.

“Saya berterima kasih dan bersyukur sekali ada sunatan massal ini. Karena biasanya kita sunat anak di dokter. Tapi dengan adanya sunat massal seperti ini sangat membantu kami masyarakat kecil yang sangat membutuhkan,” ujar pria asal Kelurahan Busoa ini ditemui saat mengantri mengantarkan anaknya ikut sunat massal di kantor KAU.

Ia juga berharap kegiatan sunatan massal ini terus berlanjut ditahun berikutnya. Pasalnya sangat membantu, khususnya masyarakat yang kurang mampu. (aga)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker