Buton

81 Terduga Pembakaran di Buton Diringkus, Terancam 20 Tahun Kurungan

PUBLIKSATU.COM, BUTON – Tim Gabungan TNI-Polri berhasil menangkap sebanyak 81 terduga pelaku pembakaran 87 rumah di desa Gunung Jaya pasca bentrok antara warga Desa Gunung Jaya dan Sampoabalo, Rabu (5/6/2019) lalu.

Puluhan terduga tersebut berhasil di amankan di Desa Sampoabalo, Sabtu (8/6/2019) tanpa perlawanan.

“Jadi tadi pagi diadakan tindakan kepolisian kita bersama-sama TNI kita melakukan tindakan kepolisian ke kampung Sampoabalo. Rupanya dengan imbauan-imbauan persuasif mereka mau menyerahkan diri. Walaupun kita persiapkan kalau memang sampai terjadi hal-hal yang mungkin melakukan perlawanan. Alhamdulilah tidak ada perlawanan. Jadi kita bisa mengamankan 81 orang,” ujar Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Tenggara, Brigjenpol Iryanto kepada sejumlah wartawan di Desa Gunung Jaya, Sabtu (8/6/2019).

Gubernur Sultra, Ali Mazi bersama Kapolda dan Polres Buton saat ke TKP bentrok antar warga

Iryanto menyebutkan saat puluhan terduga tersebut suda diberangkatkan di Mabes Polda Sulawesi Tenggara.

“Nanti 81 orang itu kita akan adakan pemeriksaan-pemeriksaan kita pilah-pilah sesuai dengan alat bukti terkait dengan pembakaran. Jadi belum sampai kepenahanan. Memang kita bawa, sengaja kita bawa ke kendari untuk memudahkan proses penyelidikan sehingga tidak merepotkan wilayah di Polres Buton,” ujarnya.

Iryanto juga menjelasakan jika terbukti melakukan pelanggaran, puluhan terduga tersebut bakal di kenakan Pasal 170 KUHP dengan ancaman tidak lebih dari 20 tahun kurungan.

“170. Itu kalau ancamannya itu bisa sampai 20 tahun. Tapi nda sampai segitu lah,” ujarnya. (Mo1)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker