Seputar Indonesia

Ada Potensi Perubahan DPT di Sumut Pada Pemilu 2019

PUBLIKSATU.COM – Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 semakin dekat. Komisi Pemilihan Umum Sumatera Utara (KPU Sumut) terus merampungkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang masih berpotensi berubah.

Komisioner KPU Sumut Herdensi Adnin mengungkapkan, saat ini pihaknya masih melihat jumlah pemilih yang terdata dalam Daftar Pemilih Khusus (DPK) dan Daftar Pemilih Tambahan (DPTB) di kabupaten/kota.

“Dari peraturan yang ada, pemilih yang terdaftar pada DPK maupun DPTB dimungkinkan untuk dikonversi dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT). Jika jumlahnya signifikan, bisa dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan kekurangan surat suara,” ungkapnya Senin (11/2).

Saat ini, lanjutnya, ada sekitar 3.200 warga yang terdaftar dalam DPK di Sumut. Itu tersebar di seluruh kabupaten/kota. Jika dari hasil pendataan, sangat dimungkinkan akan ada penambahan DPT. KPU Sumut akan meminta rekomendasi dari Bawaslu Sumut dan Partai Politik peserta pemilu untuk mengkonversi mereka ke DPT.

“Tapi kalau misalnya hanya bertambah sekitar lima orang per TPS, maka DPT tidak perlu diubah. Karena mereka nantinya dapat diakomodir menggunakan kertas suara yang ada di TPS,” pungkas mantan Koordinator Badan Pekerja KontraS Sumut itu.

Data yang dihimpun, total DPT Sumut adalah 9.785.753. Data itu ditetapkan melalui Rapat Pleno Terbuka yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut di Hotel Santika Dyandra, Rabu (12/12) malam.

Dari jumlah DPT tersebut, pemilih laki-laki diketahu sejumlah 4.838.923 orang. Sedangkan pemilih perempuan berjumlah 4.946.830 orang. Mereka semua akan memilih di sebanyak 42.664 tempat pemungutan suara yang tersebar di 6110 desa/kelurahan di Sumatera Utara.

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker