Buton

Akper Buton Bakal Menjelma Jadi Politeknik

BUTONPOS.COM, PASARWAJO – Mergernya ditolak Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, tak lantas membuat Akper Buton menyerah begitu saja. Segala upaya akan dilakukan termasuk beralih menjadi swasta sekalipun. Tujuannya demi meneruskan aktifitas kampus yang sudah banyak menyukseskan orang selama ini.

Plt Bupati Buton, La Bakry mengatakan, jika upaya merger terus ditolak oleh Kemenkes, maka kemungkinan besar Akper Buton akan dijelma menjadi Politeknik Kesehatan dalam bentuk yayasan dan berkampus di Pasarwajo. Upaya itu sekarang sedang dikoordinasikan dengan Kementerian Pendidikan RI.

“Kemarin saya sudah kontak dengan beberapa teman di Kementrian Pendidikan. Perguruan tinggi umum memang lagi moratorium, tapi kalau politeknik masih ada dibuka ruang,” kata La Bakry kepada sejumlah awak media di kantornya, Rabu (13/12).

Supaya bisa menjadi Politeknik Kesehatan, jelas La Bakry, harus ditambah dua program studi (prodi) lagi. Sebab, syarat pendiriannya minimal memiliki tiga prodi, sementara yang ada di Akper Buton hanya prodi keperawatan.

“Saya sudah minta teman untuk coba melihat dasar hukumnya. Kalau memungkinkan, kita bentuk saja yayasan, kita tambah lagi dua program studi dan namanya kita ganti menjadi Politeknik Kesehatan,” ujarnya.

Adapun rencana dua Prodi yang akan ditambahkan itu, ungkap La Bakry, kemungkinan Prodi Kebidanan dan Farmasi. Jika usulan ini diakomodir, maka akan semakin memenuhi tenaga yang dibutuhkan Puskemas dan rumah sakit, khususnya di wilayah Kepulauan Buton.

“Dua program studi tambahannya itu kemungkinan kebidanan dan farmasi. Dimana-mana Puskesmas maupun rumah sakit butuh tenaga itu,” katanya.

Pergantian nama Akper Buton menjadi Politeknik Kesehatan, tambahnya, tidak akan mengganggu jalannya proses perkuliahan. Dia akan berjalan secara simultan atau berkesinambungan.

“Tapi itu nanti tidak lagi menjadi milik Pemda, tapi milik yayasan. Nanti kita bangun yayasan sendiri. Soal namanya nanti kita pikirkan. Masalah aset paling kita pinjam pakaikan,” tukasnya. (man)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker