Buteng

Amankan Pilkades Serentak di Buteng, Polres Baubau Terjunkan 175 Personel

PUBLIKSATU.COM, LABUNGKARI – Polres Baubau menerjunkan sebanyak 175 personel untuk mengamankan Tempat Pemungutan Suara (TPS) dalam pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak pada 35 desa di Kabupaten Buton Tengah (Buteng) yang akan digelar 10 Oktober 2019.

Kapolres Baubau AKBP Hadi Winarno SIK, mengatakan personil yang diturunkan termasuk jajaran Polsek di Kabupaten Buteng. Pihaknya juga meminta Bawah Kendali Operasi (BKO) 30 personel dari Polres Buton jika terjadi indikasi kerawanan.

“Kita terjunkan sekitar 175 personel untuk mengamankan jalannya Pilkades serentak di Kabupaten Buteng ini. Termasuk meminta BKO 30 personel dari Polres Buton,” ungkap Hadi Winarno ditemui usai menghadiri deklarasi damai 110 calon kepala desa (Cakades) di Gedung Azzahra Lakudo, Sabtu (5/10/2019).

Untuk pengamanan di TPS, pihaknya menempatkan tiga personel ditambah pengamanan secara mobile dalam desa bersangkutan. Pihaknya juga sudah memetakan desa mana saja yang dianggap rawan, sehingga anggota banyak disiagakan di desa tersebut. Utamanya desa-desa yang hanya memiliki dua calon kades, karena dinilai gesekan antar pendukung lebih keras.

“Sampai saat ini kita petakan terus dan kita update status kerawanan di masing-masing desa. Sehingga desa yang dianggap meningkat tingkat kerawanannya, kita terapkan skala prioritas untuk pengamananannya,” tandas Hadi.

Kendati begitu, mantan Kapolres Wakatobi ini berharap Pilkades serentak di Kabupaten Buteng berjalan kondusif dan lancar hingga semua tahapannya selesai. “Kami berharap semua pihak berperan dalam menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif di masing-masing desa,” harapnya.(uzi)

Berikut 35 desa dari tujuh kecamatan yang akan melaksanakan Pilkades serentak 2019 di Kabupaten Buteng:

1. Kecamatan Mawasangka
Desa Wakambangura, Desa Polindu, Desa Banga, Desa Air Bajo, Desa Gumanano, Desa Wakambangura II, Desa Napa, Desa Balobone, Desa Wasilomata I, Desa Tanailandu, Desa Kanapa-napa, dan Desa Terapung.

2. Kecamatan Mawasangka Tengah (Masteng)
Desa Katukobari, Desa Lantongau, Desa Watorumbe Bata, Desa Gundu-Gundu, dan Desa Morikana.

3. Kecamatan Mawasangka Timur, hanya diikuti satu desa yakni Desa Wambuloli.

4. Kecamatan Lakudo
Desa Teluk Lasongko, Desa Wongko Lakudo, Desa Metere, Desa Nepa Mekar, Desa One Waara, Desa Wajogu, Desa Moko, dan Desa Madongka.

5. Kecamatan Gu
Desa Lowu-Lowu, Desa Kamama Mekar, dan Desa Lakapera.

6. Kecamatan Sangia Wambulu
Desa Doda Bahari dan Desa Baruta Lestari.

7. Kecamatan Talaga Raya
Desa Kokoe, Desa Liwulompona, Desa Wulu, dan Desa Pangilia.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker