Muna

Angka Kriminalitas di Muna Menurun

BUTONPOS.COM, MUNA – Kinerja aparat Kepolisian Resort (Polres) Muna dalam menjaga kamtibmas patut diacungi jempol. Betapa tidak, sepanjang medio Januari-Desember 2017 perkembangan kriminalitas mengalami penurunan dibanding tahun sebelumnya. Dimana, tahun 2016 ada sekitar 1356 kasus, sementara tahun 2017, sebanyak 1177 kasus. Penurunanya mencapai 179 kasus atau 15 persen. “Sekarang, tingkat kriminalitas di Muna menempati urutan ketiga setelah sebelum-sebelumnya menempati urutan pertama. Di tahun 2018 nanti, kita terus melakukan antisipasi untuk lebih menurunkan lagi angkanya,” kata Kapolres Muna, AKBP Agung Ramos Parentongan Sinaga.

Ia menerangkan, tahun ini ada beberapa kasus menonjol yang terjadi di wilayah hukum Polres Muna yang meliputi Muna, Muna Barat (Mubar) dan Buton Utara (Butur). Diantaranya, kasus pembunuhan, begal dan Curanmor. Kemudian, beberapa giat unjuk rasa serta beberapa kasus yang menjadi antisipasi serta menjadi atensi. “Alhamdulillah, penangananya sudah 100 persen masuk ketahap penyidikan,” sebutnya.

Untuk kasus menonjol di Muna sendiri adalah terkait penganiyaan yang sumber utamanya berasal dari miniman keras (miras). Makanya, untuk meminimalisir itu, anggotanya setiap hari melakukan operasi Cipta Kondisi (Cipkon) dengan sasaran merazia miras. Hasilnya, selama setahun, Polres Muna berhasil mengamankan sedikitnya, 1514 liter Kameko dan 322 liter arak. “Barang buktinya sudah kami musnahkan,” sebutnya.

Disisi lain, untuk kasus Laka Lantas sepanjang tahun 2017 meningkat 8,4 persen dibanding tahun sebelumnya. Tahun ini terjadi Laka Lantas sebanyak 77 kasus, sementara tahun lalu hanya 71 kasus. “Begitu juga dengan tingkat pelanggaran meningkat 0,6 persen, dari 3842 kasus (2016) naik menjadi 4092 kasus,” ungkapnya.

Lain lagi pada kasus narkoba. Pihaknya berhasil mengungkap 13 kasus. Hal itu sudah sesuai memenuhi target secara kuantatif.

Selain berhasil mengungkap kasus, Polres Muna juga ternyata sepanjang tahun 2017 mendapat penghargaan peringkat 2 dari Mabes Polri atas pelayanan SKCK. Lalu, Polres juga telah melakukan berbagai macam kegiatan inovasi terobosan guna menekan angka kriminalitas. Diantaranya, terobosan Bhabinkamtibmas yang membuka kursus menjahit gratis, komunitas ojek Kamtibmas, pengelolaan hasil enau menjadi gula aren dan pembuatan taman baca alquran. “Terobosan lain yang sudah kami lakukan adalah pengobatan gratis,” ujarnya.

Kapolres juga menyampaikab bahwa saat ini kondisi di wilayah hukum Polres Muna masih kondusif. Makanya, Ia menghimbau pada seluruh masyarakat untuk bersama-sama tetap menjaga Kamtibmas. “Kami bersama TNI dan Pemkab akan terus memberikan pelayanan,” terangnya.

Sementara itu, LM Rajiun Tumada, Bupati Mubar mengapreasi kinerja Polres Muna dalam menjaga Kamtibmas. Katanya, untuk Kamtibas harus terus didukung. “Ini sangat luar biasa, dan patut diapresiasi,” singkatnya. (cr1)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker