Bombana

APBD Bombana 2018, Ditarget Rp 843 Miliar

BUTONPOS.COM, BOMBANA – Proyeksi Anggaran Pendapatan dan Belanja (APBD) Kabupaten Bombana tahun 2018 senilai Rp 843 miliar. Gambaran pendapatan itu disajikan saat pidato penyampaian keterangan Kebijakan Umum Anggaran serta Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (KUA/PPAS) yang disodorkn ke meja DPRD Bombana.

Wakil Bupati Bombana, Johan Salim menjelaskan, besaran APBD Rp 843 miliar itu terdiri dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang ditarget Rp 56 miliar, dana perimbangan sebesar Rp 571 miliar serta pendapatan lain-lain yang sah sebesar Rp 215 miliar.

Dari nominal itu, Pemkab menarget belanja langsung sebesar Rp 389 miliar. Sementara belanja tidak langsung sebesar Rp 453 miliar. “53,81 persen pengguna terbesar APBD untuk belanja pegawai. Itu untuk gaji dan tunjangan Rp 294 miliar. Selanjutnya belanja bantuan keuangan kepada desa, baik dana yang bersumber dari APBN maupun Gembira Desa totalnya sebesar Rp 151 miliar,” pungkas Johan.

Sedangkan untuk belanja langsung menyedot 46,19 persen dari total APBD. Terdiri dari belanja rutin Orgnisasi Perangkat Daerah (OPD) sebesar Rp 89,8 miliar. Belanja prioritas OPD Rp 32,7 miliar. Belanja Dana Aloksi Khusus (DAK) untuk fisik Rp 66 miliar, non fisik Rp 48 miliar. Terkhir untuk belanja program Gembira Rp 152 miliar.

Johan Salim berharap dengan hadirnya penyampaian KUA/PPAS tersebut, menjadi bahan pertimbangan pihak legislatif untuk lekas merespon, demi kelanjutan tangga tahapan pembahasan APBD 2018 nanti.

“Hubungan eksekutif dan legislatif sangat baik. Kami tetap menjaga nuansa ini, sambil berharap pembahasan bersama untuk APBD 2018 ini, lekas diwujudkan,” tukasnya.

Sementara itu, ketua DPRD Andi Firman merespon niatan Pemkab Bombana tersebut. “Kita bahas dulu Perda RPJMD. Sesudah itu kita akan melangkah ke APBD 2018. Insya Allah semua akan tuntas di bulan Desember ini,” tandasnya. (dar)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker