Wakatobi

Arhawi Irup Apel Kontijensi, Operasi Kesiapsiagaan Penanganan Bencana Alam

PUBLIKSATU.COM, WAKATOBI- Bupati Wakatobi, Arhawi Ruda menjadi instruktur upacara (Irup) apel Kontijensi di halaman Kantor Polres Wakatobi, Kamis (9/1).

Apel diikuti Kapolres Wakatobi, AKBP Anuardi SIK, M. SI serta seluruh petinggi Polres. Kegiatan bertajuk Apel Kontijnsi Operasi “Aman Nusa- II 2020”, dalam rangka kesiapsiagaan penanganan bencana alam tahun 2020 di wilayah Kabupaten Wakatobi. Turut hadir unsur forkopimda, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) serta Pos Basarnas Wakatobi.

Mengawali sambutannya, Arhawi menerangkan bahwa apel tersebut diselenggarakan secara serentak di seluruh jajaran Polda Sultra. Tujuannya untuk memastikan kesiapsiagaan personil dan peralatan dalam menghadapi kemungkinan terjadunya bencana alam.

“Saat ini wilayah Sulawesi Tenggara memasuki musim penghujan. Potensi terjadinya bencana alam sangat besar seperti yang terjadi di tahun 2019 kemarin di Konawe Utara, Konawe, Kolaka, Kolaka Utara dan Kota Kendari. Untuk itu perlu adanya peran dan partisipasi semua pihak dalam menghadapi kemungkinan adanya bencana,” terang Arhawi menyampaikan pesan Kapolda Sultra lewat sambutan yang ia bacakan.

Menurutnya, penanggulangan bencana merupakan urusan semua pihak, walaupun sebagian penanggungjawab adalah pemerintah. Namun, masyarakat juga perlu meningkatkan kesiagaan menghadapi bencana.

“Melalui apel siaga ini diharapkan dapat memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan yang cukup sesuai fungsi dan peran masing-masing. Agar menunjang tugas serta pengabdian kepada masyarakat,” ujarnya. (m5)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker