Baubau

AS Tamrin Bahas Pengusulan Sultan Himayatuddin Sebagai Pahlawan Nasional di Kampus UMB

PUBLIKSATU.COM, BAUBAU – Wali Kota Baubau, Dr H AS Tamrin memberikan kuliah umum di Universitas Muhammadiyah Buton (UMB), Selasa (25/6/2019). Dalam materinya, Tamrin membahas pengusulan Sultan Himayatuddin sebagai Pahlawan Nasional.

Dalam kuliah umum yang berlangsung 3 jam tersebut Wali Kota Baubau banyak memaparkan sejarah-sejarah Sultan Himayatuddin – Oputa Yi Koo (La Karambau) yang berkuasa Pada 1760-1763 tersebut. AS Tamrin menilai Sultan Himayatuddin sangat pantas menyandang gelar pahlawan nasional atas jasa-jasanya mengusir kompeni Belanda.

Kendati demikian, AS Tamrin menyebut persyaratan dalam pengusulan gelar pahlawan itu tidaklah mudah. Perlu banyak riwayat sejarah maupun tulisan-tulisan pendukung lainnya.

“Mengusulkan gelar pahlawan itu tidak mudah, harus ada proposalnya harus ada riwayat sejarahnya dan harus ada tulisan-tulisan pendukung. Karena mengusulkan gelar pahlawan ini sudah dari tahun 1995 waktu saya masih di Kendari dan semua ada prosedurnya,” kata AS Tamrin saat menjawab pertanyaan mahasiswa dalam kuliah umum di kampus UMB.

“Sekarang kita sedang mengusulkan Sultan Himayatuddin sebagai Pahlawan Nasional yang sesungguhnya sudah pernah diusulkan juga tapi karena persyaratan belum terpenuhi. Dan kali ini kita coba untuk terobos seluruh simpul-simpul yang menentukan itu. Dan pak Gubernur sebagai ujung tombak, beliau sudah menandatangi usulan tersebut dengan bapak Presiden dan Menteri Sosial. Saya juga sudah bertemu profesor Jimli sebagai Ketua Tim pemberian penghargaan,” terangnya lagi di depan awak media.

AS Tamrin berharap kepada mahasiswa UMB dapat menambah semangat dan wawasan kepada mahasiswa UMB Agar cinta kebersamaan dan cinta tanah air.

“Harapan kita dapat menjiwai semangat adik-adik mahasiswa ini dalam hal kebersamaan yang berkaitan dengan Pomamasiaka dan semangat cinta tanah air. Dan ini merupakan rangkaian proses nila-nilai luhur yang berlandaskan undang-undang Buton yang termuat dalam Martabat Tuju. Harapan kita nilai-nilai tersebut dapat mewarisi kepada adik-adik mahasiswa dalam interaksi kepada masyarakat dalam bersikap, semangat bela negara, ada semangat pengabdian kepada pemerintah juga ada,” harapnya. (po1)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker