Sultra

Azhari: Melalui Sastra Kita Belajar Etika-Moral

BUTONPOS.COM, KOLAKA – Manusia yang beradab adalah manusia yang menghargai, menghormati dan punya kepekaan sosial terhadap dirinya, keluarga, dan masyarakat. Dengan keadaban itu akan lahir dan tumbuh nilai-nilai kemanusiaan yang esensi.

Hanya dengan memahami hakikat kemanusian maka kita bisa memiliki nilai rasa. Dan nilai rasa itulah yang kini telah memudar, bahkan menghilang dari kita karena nafsu atau syahwat kepentingan sesaat dalam wujud materi dengan tidak mempedulikan lagi nilai kemanusian, seperti etika dan moral.

Pernyataan tersebut dikemukakan Rektor Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka Dr Azhari dalam sambutannya pada seminar nasional 2017, bertajuk Eksistensi Sastra dalam Pengembangan Pendidikan Karakter, yang diselenggarakan oleh Komunitas Sastra (Komsas) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), di auditorium USN Kolaka, Kamis (21/12).

Melalui seminar, kata Azhari, setidaknya akan ada warna kehidupan utamanya bagaimana seorang yang berkecimpung atau menggeluti dunia sastra, tampak nilai rasa yang di ilhami melalui perwujudan karya sastranya.

Dia pun memberikan contoh, bahwa betapa sebuah hasil karya sastra yang tinggi dan memiliki nilai yang begitu berarti karena sesungguhnya terlahir atau tercipta dari insan-insan seniman, pengarang, atau sastrawan yang tanpa mengejar wujud materi, bahkan kurang mendapat apreasiasi, dan hal itu juga tidaklah mereka (para pengkarya) sastra menuntut apa-apa dari hasil yang mereka dapat karyakan.

“Melalui sastra kita belajar tentang etika, moral, norma dan nilai yang akan menghasilkan manusia yang humanis dan memiliki keadaban, kepekaan, dan rasa sosial yang tinggi,“ tambahnya.

Seminar Nasional 2017 berlangsung sehari dengan menghadirkan pemateri, selain dari USN Kolaka juga hadir Sastrawan Sulawesi Tenggara, Dr. Irianto Ibrahim serta dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kolaka.

Pada kesempatan itu, juga diisi dengan pertunjukkan tari kreasi dan teatrikal dari Komsas FKIP USN Kolaka, bahkan Rektor USN Kolaka, Azhari sempat membacakan puisi Sastrawan Sulawesi Tenggara, Irianto Ibrahim yang berjudul “Bukan untuk siapa-siapa”. (p12)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker