Buteng

Babinkamtibmas Rasyiddin Jadikan Doda Bahari Sentra Perhubungan Desa Sekitar

PUBLIKSATU, BUTON TENGAH – Tak hanya bertugas menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat di Desa Doda Bahari yang menjadi tempat tugasnya, Bintara pembinaan keamanan dan ketertiban masyarakat (Babinkamtibmas) Brigpol Rasyiddin SH dari Polsek Sangia Wambulu, Polres Baubau, ingin berbuat lebih untuk masyarakat Desa Doda Bahari dalam meningkatkan pendapatannya.

Menyadari potensi dan strategis wilayah desa yang menjadi binaannya tersebut unggul di bidang perhubungan serta barang dan jasa, Brigpol Rasyiddin mencoba menjadikan Desa Doda Bahari sebagai sentra atau pusat perhubungan darat dan laut bagi desa sekitarnya.

Dengan sentra perhubungan tersebut, ojek laut (Motor Jonson) yang melayani Desa Baruta dan Desa Baruta Analalaki ke Kota Baubau dan sebaliknya dipusatkan di Desa Doda Bahari. Dengan begitu, pendapatan tukang ojek darat dari ketiga desa tersebut lebih meningkat, karena banyak mengantar penumpang.

Jumlah ojek laut yang lebih dari satu, rencanananya akan digilir setiap hari. Rute Baruta-Baubau yang hanya satu kali (pagi) setiap hari, akan ditingkatkan menjadi dua kali, yakni pagi dan siang. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi penumpang dari tiga desa yang ingin berangkat ke Baubau pada siang hari.

Untuk memperlancar semua itu, Rasyiddin bekerja sama dengan Pemerintah Desa Doda Bahari dan Babinsa setempat membentuk kesatuan Pemuda (Persatuan Motor Laut dan Darat) dari para tukang ojek laut dan darat. Bahkan, Rasyiddin rela merogoh kocek pribadinya untuk membuat dan menyiapkan baju kesatuan mereka.

“Alhamdulillah, pada momen peringatan Hari Perhubungan hari ini, kami dari tiga pilar Desa Doda Bahari (Kades, Babinsa, dan Babinkamtibmas) mengukuhkan komunitas persatuan motor laut dan darat yang disingkat dengan PEMUDA,” ungkap Rasyiddin kepada media ini, Selasa (17/9/2019).

Tujuan dibentuknya komunitas ini, kata dia, untuk memperlancar penyelenggaraan pelayanan jasa transportasi yang berorientasi ke perpolisian masyarakat (Polmas), penyelenggaraan giat transportasi dengan menaati peraturan Undang-undang guna terwujudnya ketertiban cara berlalu lintas, dan meningkatkan produktivitas dan pendapatan masyarakat.

“Dengan potensi perhubungannya yang strategis, mari kita jadikan Desa Doda Bahari sebagai pintu gerbang perhubungan dengan dukungan sarana dan prasarana transportasi laut maupun darat. Hal ini dapat mendukung aktivitas masyarakat, baik di bidang perekonomian, perikanan, dan kelautan,” ajak Rasyiddin saat mengukuhkan komunitas PEMUDA.

Anggota polisi yang dikenal ramah ini berharap, dengan dikukuhkannya komunitas PEMUDA, pelayanan barang dan jasa perhubungan di Desa Doda Bahari dan desa sekitarnya dapat terkendali dengan aman dan lancar. Pemerintah desa dan seluruh lapisan masyarakat kedepannya dapat bekerja sama dalam melaksanakan pengawasan dan pembinaan.

Sementara itu, Pj Kades Doda Bahari, Makmur Ssos, mengaku berterima kasih kepada Babinkamtibmas dan Babinsa yang turut berperan meningkatkan perekonomian di Desa Doda Bahari. Begitu pula peranan utamanya selama ini, menciptakan dan mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat selama ini.

“Kami pemerintah desa tidak sampai berpikir ke arah pengembangan pusat perhubungan di Desa Doda Bahari ini. namun dengan ide cemerlang dari Pak Babin, semua itu bisa diwujudkan dengan mudah setelah melihat potensi Desa Doda Bahari,” tuturnya.

Makmur, yang juga salah satu Kabid di Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak di Kabupaten Buteng ini berjanji pemerintah dan masyarakat Desa Doda Bahari akan selalu mendukung dan mendorong program-program yang dilaksanakan Babinkamtibmas dan Babinsa untuk kemajuan Desa Doda Bahari kedepannya.(uzi)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker