Busel

Batauga Belum Miliki Pelabuhan Representatif

BUTONPOS.COM, BATAUGA – Dermaga pelabuhan bongkar muat barang dan jasa untuk memuluskan roda perekonomian bagi masyarakat di empat wilayah kecamatan di kepulauan sangat dibutuhkan di Batauga sebagai ibukota Kabupaten Buton Selatan (Busel). Pasalnya, dermaga bongkar muat baik jasa penumpang maupun barang belum tersedia hingga tiga tahun Busel mekar.

Apalagi pada saat musim cuaca buruk sangat menyulitkan angkutan penyebrangan antar pulau seperti Siompu yang berlabu di Batauga. Untuk pelabuhan yang representatif bongkar muat barang maupun jasa juga belum ada hingga saat ini.

“Kita masih keterbatasan, belum ada untuk dermaga pelabuhan, warga kita yang berada di kepulauan masih berlabu begitu saja di tepi pantai, belum ada fasilitas kalau berlabu di ibukota Batauga,” ungkap Plt Kadis Perhubungan Busel, La Ode Mahanu ketika dikonfirmasi di ruang kerjanya, Selasa (19/12).

Jika musim cuaca buruk gelombang pasang, warga kesulitan untuk berlabu di Batauga. Biasanya kapal angkutan penyebrangan (ketinting), penumpang dan barang kepulauan seperti Siompu, Siompu Barat dan sekitarnya menurunkan penumpang di tepi pantai di Kelurahan Lakambau, tepi pantai depan sekitaran Kantor DPRD Busel dan tepi pantai wisata Laompo.

Menurut Mahanu, rencana pembangunan pelabuhan di ibukota Kabupaten Busel masih dalam tahap survei dan penentuan titik koordinat. Rencananya pelabuhan itu dibangun di Kelurahan Bandarbatauga. Di wilayah itu nantinya ada pasar sentral, terminal mobil dan pelabuhan.

“Masih dalam tahap survei lokasi dan penentuan titik koordinat di tahun 2018, sejumlah pengurusan dokumen belum ada,” katanya lagi.

Kata dia hal ini akibat keterbatasan anggaran daerah yang ada sehingga hal ini belum bisa maksimal dilakukan pembangunan infrastruktur dermaga pelabuhan rakyat.

Ia menambahkan, pihaknya terus berupaya menjawab persoalan yang sangat dibutuhkan warga tersebut. Dengan melakukan upaya komunikasi lobi-lobi dipemerintah provinsi hingga pusat. Sehingga rencana pembangunan pelabuhan bisa diwujudkan.  (aga)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker