BaubauVideo

Bawaslu Baubau Tangani 10 Pelanggaran Selama Pemilu 2019

PUBLIKSATU.COM, BAUBAU – Selama Pemilu 2019, Bawaslu Kota Baubau telah menangani beberapa dugaan pelanggaran.

“Selama pelaksanaan pemilu 2019 penanganan pelanggaran yang di lakukan oleh Bawaslu Kota Baubau sembilan temuan dan satu laporan, jadi total ada sepuluh. Lima pelanggaran administratif pemilu, tiga pelanggaran pidana, dan dua pelanggaran hukum lainnya yakni netralitas ASN,” kata Ketua Bawaslu Baubau, Wa Ode Frida Vivi Oktavia.

Terkait pelanggaran administratif selama ini, Bawaslu memberikan sanksi teguran tertulis kepada terlapor. kata Frida, karena sifatnya administratif maka ada hal-hal yang perlu diperbaiki misalnya terkait bahan kampanye yang dipasang di fasilitas atau tempat-tempat umum, tiang listrik dan sebagaianya. Selain diberikan terguran juga di berikan sanksi membersihkan APK.

Sementara terkait kasus pidana pemilu yang ditangani, Frida mengatakan, tidak dilanjutkan karena tidak cukup bukti dan ada yang di SP3.

“Dua berhenti di pembahasan, dua karena tidak cukup bukti dan ada juga yang tidak memenuhi unsur dan satu berhenti di SP3, di pembahasan tiga,” bebernya.

Setelah dilakukan pemeriksaan oleh penyidik ada beberapa hal yang perlu dilengkapi oleh penyidik atas petunjuk jaksa namun tidak bisa dilakukan karena sudah selesai batas waktu atau daluarsa waktu sehingga keluar keputusan SP3.

Sementara itu dalam aturan terbaru Bawaslu, lengawas pemilu pada tingkat PPS juga sudah memberikan saran perbaikan.

“Selama hari pemungutan suara pelanggaran yang sifatnya administratif, pengawas pemilu pada setiap tingkatan sudah memberikan saran perbaikan kepada penyelenggara teknis. contoh bila terjadi pelanggara di TPS, lupa mengisi daftar hadir form C7 bawaslu atau pengawas pemilu pada tingkatan TPS sudah dapat memberikan saran perbaikan kepada KPPS dan itu sudah diterapkan, ada lagi urutan penghitungannya yang tidak sesuai dengan aturan,” jelasnya.

Sebagian besar pelanggaran yang terjadi pada hari pemungutan suara sifatnya administratif, Frida menjelaskan berbeda halnya dengan yang berkaitan dengan surat suara dan hak pilih sanksinya yakni pemungutan suara ulang. (cro1)

SIMAK VIDEONYA!

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker