Busel

Bawaslu Busel Deklarasi Perempuan Anti Politik Uang

BUTONPOS.COM, BATAUGA – Peringatan hari ibu beberapa waktu lalu. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Busel memanfaatkan momentum tersebut untuk menggelar sosialisasi, sekaligus deklarasi perempuan anti politik uang di Pilgub Sultra 2018 mendatang. Kegiatan ini digelar di aula gedung Alsafitri, Selasa (26/12).

Sosialisasi pengawasan partisipasi Pilgub Sultra ini melibatkan kaum hawa, organisasi perempuan perwakilan tujuh kecamatan di Busel.

Ketua Bawaslu Busel, Rosni melalui salah satu komisioner Jumadi menjelaskan, pihaknya terus menggenjot pengawasan Pilgub untuk berlangsungnya pemilihan yang aman, tertib damai dan lancar.

Untuk mewujudkan Pilgub yang tertib, Bawaslu menggelar sosialisasi tentang pelanggaran dan sanksi sesuai mekanisme peraturan perundang-undangan.

“Tujuannya selain itu, kami mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam mengawasi pemilihan gubernur & wakil gubernur Sultra tahun 2018,” ujar Jumadi ketika dikonfirmasi, Selasa (26/12).

Kata Jumadi, trend paling tinggi pelanggaran pada setiap pemilihan adalah politik uang. Hal ini yang terus diberikan pemahaman melalui sosialisasi kepada masyarakat agar dapat ditekan terjadi pelanggaran.

“Salah satunya kami mengajak kaum perempuan untuk berperan aktif dalam mengawasi pemilihan terutama praktek politik uang. Dan pada umumnya masyarakat kita berpartisipasi dari diri sendiri untuk tidak berpolitik uang alias money politik, berapapun jumlahnya dan misinya,” katanya.

Ia menambahkan, Bawaslu melibatkan perempuan karena setiap saat perempuan berada di rumah. Dengan demikian, kalau ada yang mencoba malakukan politik uang, Bawaslu bisa mendapatkn informasi dan laporan.

Untuk diketahui, sosialisasi Bawaslu ini ini sekaligus mendeklarasi perempuan anti politik uang di Busel. (aga)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker