Baubau

Bawaslu Sebut Verifikasi Faktual Perseorangan Sesuai Aturan

BUTONPOS.COM, BAUBAU – Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Baubau, M Yusran Elfargani menyebut proses verifikasi faktual pasangan bakal calon perseorangan pada Pilkada 2018 sudah sesuai mekanisme dan aturan yang ada.

Yusran mengatakan, pihaknya juga sudah menurunkan staf dan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) untuk melakukan pengawasan verifikasi faktual yang dilakukan oleh KPU Baubau terhadap dua bakal Paslon perseorangan yakni IBM-Ilyas dan Nursalam dan Nurman Dani.

“Kita sudah melaksanakan verifikasi faktual. Kami turunkan staf dan Panwascam untuk melakukan pengawasan pelaksanaan ferivikasi faktual. Pada prinsipnya semua sudah berjalan sesuai aturan,” sahut Yusran kepada awak media usai rapat pleno terbuka di Hotel Galaxy Inn, Minggu (31/12/17).

Sebagai lembaga pengawasan, kata dia, pihaknya tidak bisa melakukan pengawasan itu semua secara keseluruhan karena berdasarkan SOP dengan mengambil sampel 10-20 persen, sehingga dengan sampel tersebut sudah bisa memberikan gambaran seperti apa kondisi verifikasi faktual, apakah sudah berjalan sesuai aturan atau belum.

Lebih lanjut ia menambahkan, ada beberapa catatan dan kesalahan yang terjadi di lapangan saat pihaknya melakukan pengawasan seperti yang terjadi pada di Kelurahan Kampeonaho.

“Hanya memang ada beberapa catatan kecil yang terjadi di lapangan. Tapi kita sudah berikan saran perbaikan kepada KPU, termasuk ada catatan di Kelurahan Kampeonaho kemarin tanggal 25 Desember 2017, harusnya pembuatan berita acara yang ditandatangani oleh PPS, tetapi PPK saja yang ada,” tukasnya. (po4)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker