Buteng

Bedah Rumah 542 Unit Dibawa ke Mawasangka

BUTONPOS.COM, LABUNGKARI – Program bedah rumah 542 unit yang berhasil diperjuangkan Bupati Buton Tengah (Buteng) H Samahuddin dan akan direalisasikan awal 2018, masih akan difokuskan di Kecamatan Mawasangka. Kecamatan lainnya menunggu giliran yang dijanjikan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI sebanyak 1.500 unit.

“Setelah saya lihat SK-nya, 542 unit bedah rumah untuk Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) yang sudah kita dapatkan di Kemneterian PUPR itu, peruntukannya masih satu kecamatan yakni di Kecamatan Mawasangka,” ungkap Samahuddin, beberapa waktu lalu.

Bupati pertama pilihan rakyat Buteng ini berjanji, tahap berikutnya mengusulakn tiga kecamatan sekaligus. “Tahun depan, mudah-mudahan kita dapatkan lagi 1.500 unit untuk tiga kecamatan,” tukasnya.

Samahuddin menerangkan, setiap rumah yang akan dibedah nanti dibantu Rp 15 juta, tetapi tidak dalam bentuk tunai. Bantuannya berupa material yang dibutuhkan untuk setiap bangunan rumah berupa atap dan rangka besi.

“Atap seng dibantu sebanyak 50 lembar, besi 8 mm sebanyak 20 batang, besi 12 mm 25 batang, fondasi dan batako disiapkan semua. Tinggal pemilik rumah yang bangun dan lanjutkan kekurangan bahan lainnya,” bebernya.

Ketua DPC PDIP Kabupaten Buteng ini menambahkan, pengawasan dan pemilihan RTLH yang akan dibantu nanti akan dilakukan satuan kerja (Satker) atau fasilitator dari pemerintah provinsi. “Karena bantuannya secara cuma-cuma, program bedah rumah untuk RTLH ini akan diawasi dengan ketat oleh fasilitator dari pemerintah provinsi,” tandasnya.

Dari jumlah 542 unit tersebut, bila dikalikan dengan Rp 15 juta setiap rumah, maka bantuan yang didapatkan Kabupaten Buteng dalam program bedah rumah ini sebanyak Rp 8 miliar lebih.

Untuk diketahui, Bidang Perumahan Rakyat dan Pemukiman, Dinas PU Kabupaten Buteng mengusulkan 100 unit agar mendapatkan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) berupa bedah rumah ini. Namun berkat lobi Bupati Buteng H Samahuddin yang menghadap langsung kepada Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan, Kementerian PUPR RI, Dr Ir Syarif Burhanuddin, akhirnya ditambah menjadi 542 unit.(uzi)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker