Hukum

Beredar Foto Pembunuhan Hoax Warga Lipu di Media Sosial

BUTONPOS.COM, BAUBAU – Polres Baubau berhasil mengamankan pemuda terduga penyebar foto hoax tentang pembunuhan di Kecamatan Betoambari melalui akun FB yang sempat menghebohkan netizen beberapa hari lalu. Mereka adalah LA (14)dan YL (17). Sementara IN (25) yang diduga sebagai otak penyebar foto hoax masih dalam pengejaran.

Kepada butonpos.com, Kapolres Baubau, AKBP Daniel Widya Mucharam menegaskan foto tersebut tidaklah benar alias hoax.

Berdasarkan hasil interogasi, diketahui foto tersebut direkayasa oleh IN yang sengaja membuat foto rekayasa pembunuhan menggunakan pewarna makanan berwarna merah agar lebih mirip seperti darah. Kemudian foto hasil rekayasa itu disebar atau di upload ke dunia maya menggunakan akun milik YL dengan tujuan mendapatkan sensasi serta perhatian publik bahwa telah terjadi pembunuhan di sekitar Kelurahan Lipu.

Diketahui, LA diperintahkan oleh IN untuk mengambil gambar dengan menggunakan kamera hp milik YL dengan posisi terlentang yang mana badan dari IN sudah ditaburi pewarna makanan (Kasumba, red) yang diperoleh dari YL.

Menurut pengakuan YL, ia sama sekali tidak mengetahui apa yang dilakukan IN dan LA. Ia baru sadar akun FBnya dibajak setelah diamankan pihak kepolisian.

Berangkat dari kasus ini, Kapolres Baubau menghimbau kepada seluruh masyarakat Kota Baubau agar lebih berhati-hati dalam bertindak. Terutama dalam hal penyebaran berita hoax yang mengarah pada ujaran kebencian yang dapat memicu keresahan serta kestabilan keamanan daerah.

“Agar perbuatan seperti itu tidak ditiru karena sangat berbahaya dan AKAN DITINDAK DENGAN SANGAT TEGAS,” ucap AKBP Daniel.

Hingga berita ini diterbitkan, belum ada informasi terbaru soal keberadaan IN. Namun satu hal yang pasti, pihak Polres Baubau terus berupaya mendeteksi keberadaan IN. (po3)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker