Hukum

Berkas La Renda Cs Kembali Tahap Satu

BUTONPOS.COM, PASARWAJO – Lebih kurang seminggu setelah menerima P19 kedua, penyidik Reskrim Polres Buton kembali mengirim berkas dugaan korupsi La Renda Cs ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Buton.

Pengiriman berkas dugaan korupsi pengadaan air bersih dan pembukaan lahan transmigrasi Lapokamata, Kecamatan Lasalimu Selatan, tahun anggaran 2015 dengan nilai proyek lebih kurang Rp 1 miliar itu dilakukan setelah dianggap memenuhi unsur syarat formil dan materilnya sebagaimana petunjuk Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Buton dalam dokumen P19 yang diterima.

“Berkasnya sudah kita tahap satu yang kedua kalinya, Senin minggu lalu (4/12). Satu minggu saja (setelah P19) kita langsung selesaikan,” kata Kasat Reskrim Polres Buton, Iptu Hasanuddin SH MH, ketika ditemui di ruang kerjanya, Senin (11/12).

Setelah tahap satu kedua ini, lanjut Hasan sapaan akrab Hasanuddin, pihaknya tinggal menunggu petunjuk balik dari JPU. Jika sudah dinyarakan lengkap atau P21, maka penyerahan tersangka dan barang bukti sebagai tahap duanya akan segera disusulkan.

“Sekarang kita tinggal menunggu apakah sudah lengkap sesuai syarat formil dan materilnya atau belum. Kalau sudah dinyatakan P21, maka tinggal kita lakukan tahap dua,” terang Hasan.

Sebagaimana perintah Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP), jelasnya, batas waktu untuk melengkapi petunjuk P19 JPU selama 14 hari kerja. Begitu juga sebaliknya, selama 14 hari pula waktu yang harus dipenuhi JPU untuk memeriksa berkas tahap satu dari penyidik.

“Kalau sudah lewat 14 hari, maka berarti berkas itu kita anggap sudah lengkap (P21) baik materil maupun syarat formilnya,” ucapnya.

Berita sebelumnya, berkas dugaan korupsi yang menyeret Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Buton non aktif, La Renda Cs sebagai tersangka hingga kini belum juga P21. Dokumen perkaranya sudah dua kali P19 ke Penyidik Reskrim Polres Buton.

“Berkasnya sudah dua kali kita kembalikan (P19) karena belum lengkap. Petunjuk P19 yang kita berikan pertama itu belum semua terpenuhi,” kata Kasi Pidsus Kejari Buton, Firdaus SH, ketika ditemui di kantornya, belum lama ini.

Dijelaskan, waktu yang harus dipenuhi penyidik untuk melengkapi berkas sebagaimana petunjuk jaksa selama 14 hari. Bila petunjuk yang diberikan selalu belum terpenuhi, maka selama itu pula berkas La Renda Cs akan terus bolak-balik Polres-Kejaksaan.

“Kalau petunjuk yang kami berikan belum juga terpenuhi, maka pasti kita akan kembalikan lagi,” ucapnya.

Firdaus berharap, P19 yang dilayangkan kali ini sudah dapat dipenuhi agar segera di P21 dan selanjutnya dilakukan tahap dua. Dengan demikian, perkara ini dapat menjadi kewenangan pihaknya untuk disidangkan di Pengadilan Tipikor Kendari. (man)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker