Baubau

Bersila dan Makan Bersama, Ali Mazi : Tidak Ada Perbedaan Masyarakat Dengan Pemimpinnya

PUBLIKSATU.COM, BAUBAU – Pemerintah Kota Baubau dalam rangka Hari Ulang Tahun Ke-17 dan Hari jadi Kota Baubau Ke-477 menggelar syukuran, atau biasa masyarakat Buton menyebutnya Haroa.

Pada acara syukuran ini turut dihadiri Gubernur Sulawesi Tenggara, H Ali Mazi SH, yang dilaksanakan di Baruga Benteng Keraton Buton, Jumat (12/10/19).

Bupati Buton, Drs La Bakry MSi, Wali Kota Baubau, Dr H AS Tamrin MH, Wakil Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse, Kapolres Baubau, AKBP Daniel Widya Mucharam SIK MPA, Dandim 1413/Buton, Letkol INF Davy Darma Putra, Komandan Pos Angkatan Laut (Danposal) Baubau, Letda Laut Andi Heri, Sekretaris Daerah Kota Baubau, Roni Muhtar serta sejumlah SKPD lingkup Pemerintahan kota Baubau hadir pada kesempatan berbahagia tersebut.

Kegiatan diawali dengan salat Jumat bersama, pembacaan doa yang di pimpin langsung oleh Imam masjid Agung Benteng Keraton Buton dan ditutup dengan makan bersama di Baruga.

“Ini kebudayaan kita Buton, kearifan lokal. Selalu setiap ada event-event, kita selalu mengucapkan syukur kepada Allah SWT, telah kita memberikan kekuatan, kesehatan, lahir dan batin. Nah, inilah wujud kesyukuran kita,” ujar Gubernur Sultra, Ali Mazi SH, kepada awak media, di Baruga kompleks masjid Agung Keraton Buton.

Duduk bersila dan makan bersama seperti ini, kata Ali Mazi merupakan warisan leluhur yang tak boleh diabaikan. Dengan ini juga akan tercipta harmonisasi antara masyarakat dengan pemimpinnya.

“Tidak ada perbedaan antara masyarakat dengan pemimpinnya. Pemimpin yang baik itu adalah yang selalu berada di tengah-tengah masyarakat. Ini telah diwariskan dalam budaya yang ditinggalkan oleh para leluhur di Buton. Dan wajib kita untuk menjaga kelestarian,” tukasnya. (Cro1)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker