Busel

Biwinapada dan Mbanua Diusulkan Program Pamsimas

PUBLIKSATU.COM, BUTON SELATAN – Usulan program nasional penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (Pamismas) Tahun 2020 berkurang dari tahun sebelumnya. Kalau tahun sebelumnya disulkan lima desa, tahun ini hanya dua desa.

Dua desa tersebut, yakni Desa Biwinapada di Kecamatan Siompu dan Mbanua di Siompu Barat. “Jumlahnya sedikit karena program air bersih di Busel sudah diintervensi PDAM,” kata Koordinator Pamsimas Busel, Muhammad Watasir kepada media ini beberapa waktu lalu.

Sementara lima desa yang mendapat Pamismas tahun 2019, yakni Desa Lawela, Lawela Selatan, Lampainairi Kecamatan Batauga. Kemudian di Kecamatan Sampolawa ada di Desa Bangun dan Wawoangi. Namun untuk Desa Wawoangi ini pendanaanya dari APBD.

Empat desa yang keciprat bantuan program nasional Pamismas III tahun 2019 lalu sudah bisa dimanfaatkan masyarakat. Serah terima fasilitas air bersih itu diserahkan dari PPK ke pemerintah desa setempat.

Watasir menjelaskan, Pamsimas yang pendanaanya bersumber dari APBN masing-masing desa mendapatkan Rp 245 juta.

Kata Watasir, dengan selesainya program pelaksanaan Pamsimas III yang bersumber dari APBN. Karena itu Distrik Koordinator Program Pamsimas Roms Kabupaten Buton Selatan bahwa pelaksanaan monitoring penyelesaian kegiatan 100 persen, uji fungsi, dan serah terima kegiatan sudah dapat dilaksanakan.

“Serah terima dari PPK ke Kades sudah ada dua desa yang diserahkan, Bangun Kecamatan Sampolawa dengan Lampanairi, Kecamatan Batauga, menyusul di Lawela dan Lawela Selatan, ” katanya.

Empat desa, yakni Lawela, Lawela Selatan, Lampanairi Kecamatan Batauga dan Desa Bangun Kecamatan Sampolawa. Masing masing desa Rp 245 juta BLM.

Lanjut dia, Skema program ini 70 persen APBN, 10 persen dana sharing APBDesnya. 20 persenya incam dan imcas. 16 incam dalam bentuk tenaga yang diuangkan gotong royong, 4 persen incas uang tunai dari dana masyarakat atau sumbangan.

Sementara itu untuk tahun 2018 ada 12 desa. Sudah ada beberapa desa yang sudah difungsikan.

Lebih jauh Watasir menjelaskan, yang mendapatkan program Pamsimas di Busel tahun 2018 dari sumber pendanaanya APBN Rp 2 miliar lebih, yakni Batuawu, Ngulanggula, Wakinamboro (Kecamatan Siompu), Bola (Batauga), dan Watiginanda (Sampolawa).

Sedangkan dua desa program Pamsimas dari APBD 2018, yakni Desa Waonu Kadatua dan Bola Batauga masing-masing dapat Rp 245 juta.

Program Pamsimas ini program air bersih dan sanitasi berbasis masyarakat. Tujuanya untuk pengadaan air bersih di perdesaaan untuk mencapai akses kebutuhan universal dari nol seratus, nol seratus.

Sementara untuk tahun 2020 ini diusulkan hanya dua desa Biwinapada di Kecamatan Siompu dan Mbanua di Siompu Barat. Jumlahnya sedikit karena program air bersih di Busel sudah diintervensi PDAM. (nus)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker