Busel

BKPSDM Busel Pastikan Belum Ada Penerimaan CPNS

BUTONPOS.COM, BATAUGA – Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Busel, Sulawesi Tenggara, La Amiri menegaskan, hingga saat ini pihaknya belum menerima informasi terkait keputusan pemerintah pusat membuka moratorium penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah (CPNSD) tahun 2017.

Karena itu ia memastikan belum ada rekrutmen CPNS di akhir tahun 2017 ini. Terkecuali di beberapa kementerian dan lembaga negara yang sudah menerima rekrutmen penerimaan CPNS, beberapa bulan lalu.

Kata dia, baik Badan Kepegawaian Negara (BKN) maupun Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) belum memberikan informasi yang pasti soal waktu dibukanya penerimaan CPNSD jalur apapun untuk Busel.

“Belum ada rekrutmen CPNS baru, kita masih menunggu informasi dari pusat,” ujarnya ketika dikonfirmasi melalui telepon selulernya.

Menurutnya, dari sesi jumlah, tidak dipungkiri Busel masih kekurangan tenaga PNS. Hingga kini data PNS Busel tercatat hanya 1.748 orang lebih. Melihat kondisi ini, maka peluang perekrutan PNS baru lingkup Pemkab Busel cukup besar.

Terlebih lagi, Kabupaten Busel merupakan Daerah Otonomi Baru (DOB) yang roda pemerintahannya perlu ditopang dengan SDM, baik dari segi kuantitas maupun kualitasnya. Hanya saja, penerimaan CPNS baru tersebut diputuskan dan ditetapkan pemerintah pusat, bukan pemerintah daerah.

“Kita hanya sebatas mengusulkan, hasil analisis jabatan kita sudah usulkan ke pusat, disana yang memutuskan dan menetapkan formasi kuota,” terangnya.

Mantan Kepala Badan Ketahanan Pangan Busel ini menguraikan, jabatan struktural saja, pejabat eselon IV masih kekurangan sekitar 100 orang lebih. Kekurangan PNS semakin komplit dengan minimnya guru dan tenaga kesehatan.

Kekurangan PNS terbanyak ada pada jurusan tenaga kesehatan, disusul tenaga pendidik dan tenaga teknis. Untuk kekurangan guru ini menyebar di seluruh sekolah di tujuh kecamatan. Bahkan kekurangan ini sudah disampaikanya ke BKN Regional Makassar dan KemenPAN-RB. Sehingga, pihaknya berharap pemerintah pusat memberikan solusi dengan membuka pintu penerimaan CPNS secepatnya.

“Jangankan staf, PNS dengan jabatan setingkat eselon IV sudah kurang sekitar 100 orang lebih, beberapa SKPD jabatan eselon IV ini masih belum terisi. Kita masih menunggu informasi dari pemerintah pusat, karena mereka yang memutuskan dan menetapkan soal penerimaan CPNS baru,” tutupnya. (aga)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker