Seputar Indonesia

Bloodjek Jadi Inovasi Baru, Kirim Darah Lebih Cepat

Musyawarah Kerja PMI Kudus 2020

PUBLIKSATU.COM – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kudus menggelar musyawarah kerja tahun 2020 kemarin. Acara yang digelar di aula kantor PMI Kabupaten Kudus tersebut, dibuka Plt Bupati Kudus HM Hartopo. Dalam rencana program kerja tahun ini, PMI Kabupaten Kudus memiliki sejumlah inovasi. Salah satunya Bloodjek. Kendaraan berupa motor pengirim darah ini, diharapkan dapat memangkas waktu pengantaran.

Ketua PMI Kabupaten Kudus Hj Rina Budhy Ariani S.H. mengatakan, program Bloodjek ini sebagai wujud kesigapan PMI dalam melayani masyarakat. Terlebih untuk pengiriman darah ke rumah sakit yang belum memiliki bank darah. Sementara ini, ada satu armada dengan satu tim terlatih yang disiagakan.

”Bloodjek ini, saya rasa cukup efektif dan efisiensi waktu untuk pengantaran darah. Saya rasa motor lebih bisa gesit, dibandingkan mobil. Apalagi saat ini kondisi kemacetan lalu lintas tidak bisa diprediksi,” kata Rina.

Selain Bloodjek, inovasi lain yang digagas PMI Kabupaten Kudus yakni bantuan sosial bedah rumah, kursi roda, dan bantuan terhadap korban bencana alam. Dalam pelaksanaannya, pihaknya akan bersinergi dengan Pemkab Kudus. Tahun ini, pihaknya menganggarkan bantuan 27 kursi roda.

Dalam kesempatan itu, Rina mengucapkan terima kasih kepada segenap pengurus dan relawan PMI. Berkat semangat dan kerja keras mereka, PMI dapat menjalankan program kerja 2019 dengan baik. Bahkan, dalam penggalangan bulan dana dapat mengumpulkan Rp 1.130.247.000 dari masyarakat. Ini merupakan pencapaian tertinggi selama ini.

”Alhamdulillah, berkat dukungan semua pihak, capaian bulan dana PMI dapat tembus di angka Rp 1 miliar lebih. Semoga tahun ini bisa meningkat, sehingga program kemanusiaan yang telah direncanakan dapat direalisasikan,” katanya.

Plt Bupati Kudus HM Hartopo memberikan apresiasi atas kinerja PMI Kabupaten Kudus selama ini. Pemkab siap mendukung program kerja PMI. Selain berkomitmen turut menyukseskan bulan dana, pihaknya juga akan support sarana dan prasarana yang dibutuhkan PMI.

”Nanti kami anggarkan di APBD Perubahan terkait pengadaan barang untuk ruangan baru PMI. Kami akan support, karena ini organisasi kemanusiaan,” kata Hartopo. (radarkudus/jp)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker