Buton

BOS Triwulan Tiga Sudah Cair

BUTONPOS.COM, PASARWAJO – Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) triwulan tiga untuk SD dan SMP atau Sederajat se Kabupaten Buton kini sudah cair.

“Dana BOS sudah cair mi sekitar dua minggu lalu, sudah masuk di rekening sekolah-sekolah itu,” kata Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Buton, La Ode Fasikin, ketika dikonfirmasi, Senin (4/12).

Dia merincikan, jumlah BOS untuk 119 SD dengan total siswa lebih kurang 16.425 orang mencapai Rp 2,63 miliar. Sedangkan BOS untuk 49 SMP dengan total siswa lebih kurang 6.700 orang mencapai Rp 1,34 miliar. Dana BOS triwulan tiga ini lebih kecil dari triwulan dua yakni SD sekitar Rp 5,24 miliar, dan SMP sekitar Rp 2,68 miliar.

“Terjadinya penurunan ini karena sebagian siswa ada yang pindah, terus belum lagi ada mutasi yang dilakukan pihak sekolah. Jadi penyebabnya jumlah siswa selalu berkurang,” terangnya.

Dijelaskan, setiap siswa tingka SD menerima dana BOS sebesar Rp 800 ribu per tahun. Sementara siswa SMP mencapai Rp 1 juta per tahun. Pencairannya dilakukan sebanyak empat tahap dalam setiap tahun.

Dia menambahkan, dana BOS triwulan tiga agak terlambat pencairannya karena harus menunggu keputusan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Sejatinya, kata dia, dilakukan sejak Juli sampai Agustus 2017.

Untuk dana BOS triwulan empat, pekan ini direncanakan sudah bisa masuk ke rekening masing-masing sekolah. Usulannya sudah diajukan tinggal menunggu realisasi dari Dinas Pendidikan Sultra.

“Usulannya sudah kita masukan di provinsi. Rencananya mungkin minggu-minggu ini sudah bisa dicairkan langsung ke rekening sekolah,” tandas Fasikin. (man)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker