Muna

BPMD Mubar Datangkan BPKP Bimbing Keuangan Desa

BUTONPOS.COM, MUBAR – Berbagai cara dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Muna Barat (Pemkab Mubar) dalam mengatur keuangan desa yang bersumber dari Anggaran Dana Desa (ADD) maupun Dana Desa (DD). Salah satunya adalah bimbingan keuangan desa.

Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Mubar dalam waktu dekat ini akan mendatangkan pihak Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dalam rangka memberikan bimbingan keuangan desa kepada para kepala desa (Kades) atau perangkat desa lainnya.

Demikian diungkap Kepala BPMD Mubar, La Ode Tibolo, awal pekan lalu. Menurutnya, pihaknya sengaja melakukan kegiatan pembimbingan tentang keuangan desa supaya para Kades ini lebih paham lagi dalam pengelolaan keuangan di desa, utamanya DD dan ADD.

“Kita akan bimbing terus para Kades ini agar tidak gagal paham dalam pemanfaatan dan pengelolaan keuangan desa, kaitannya dengan realisasi DD dan ADD,” ungkapnya.

Selain itu lanjutnya, untuk mewujudkan implementasi penatausahaan keuangan desa melalui aplikasi sistem keuangan desa (Siskedes). Kedepan setiap anggaran yang masuk atau yang dikelola desa harus tercantum dalam aplikasi Siskedes.

“Anggaran yang dikelola desa setiap tahun sekarang cukup besar. Jadi kedepan keuangan desa harus tersistem dalam aplikasi baik dana yang diterima maupun yang dibelanjakan setiap tahun itu,” ujarnya.

La Ode Tibolo berharap, dengan hadirnya aplikasi tersebut, pengelolaan keuangan desa lebih transparan lagi. Setiap pengeluaran keuangan desa harus tercatat dengan baik. Sehingga saat pemeriksaan tidak mengalami hambatan akibat ketidak pahaman para Kades dalam mempertanggungjawabkan keuangan di desanya.

“Mudah-mudahan kedepan pengelolaan keuangan desa lebih baik dan tersistem. Aplikasi Siskedes ini akan mengajarkan para Kades untuk tertib pelaporan dalam pemanfaatan keuangan desa dari ADD maupun DD,” tutupnya. (p5)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker