Muna

BPS Muna Jajaki Pemkab Mubar Bentuk FGD

BUTONPOS.COM, MUBAR – Dalam rangka menyamakan persepsi terkait pendataan penduduk, potensi ekonomi, sosial budaya, pemetaan wilayah, dan lain-lain, Badan Pusat Statistik (BPS) Muna, menjajaki Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna Barat (Mubar) membentuk Focus Group Discussioan (FGD).

Kepala BPS Muna, Kadir Pua mengatakan, FGD ini dalam rangka penguatan statistik sektoral dan metadata statistika. Langkah awal yang dilakukan adalah membentuk forum data dengan pihak Pemkab Mubar.

“Forum data ini akan menjadi sebuah wadah bagi kita untuk menyelesaikan data-data di Mubar. Andaikata sudah ada forum data, maka semua bentuk data yang dikeluarkan oleh BPS akan sama dengan data pegangan Pemkab,” ungkapnya.

Bukan hanya itu, metodelogi dan defenisi mengenai pemetaan sosio kultural daerah yang berkaitan dengan pendataan akan sama juga. Sehingga nantinya tidak tumpang tindih antara data yang dipegang oleh statistik dan pihak pemerintah.

“Selama ini kita berbeda data, karena ketidaksesuaian metodelogi dan konsep pendataan itu. Misalnya, ada seorang anak yang ditinggal oleh orang tuanya pada wilayah tertentu, kondisi yang terjadi selama ini sudah tidak dikategorikan lagi penduduk di wilayah itu,” tuturnya.

Padahal seharusnya lanjut dia, kalau tidak ada surat pindah tempat tinggal, maka warga yang bersangkutan tetap menjadi bagian dari penduduk wilayah itu. Disitulah terjadi perbedaan antara BPS dengan intansi pemerintahan lainnya.

“Mengantisipasi kejadian seperti itu, makanya dibentuk FGD ini. Sehingga tidak terjadi perbedaan data. Diharapkan antara BPS dengan Pemkab, ada persamaan konsep mengenai proses dan hasil pendataan,” terangnya.

Menurutnya, khusus di Mubar selama ini, BPS sudah melakukan kegiatan pendataan sesuai instruksi oleh pemerintah pusat. Diantaranya, survei tenaga kerja nasional, dan survei ekonomi untuk mengukur tingkat kemiskinan.

“2018 nanti kami akan melakukan survei di bidang pertanian. Ini pertama kali yang kami lakukan,” tukas Kadir Pua. (p5)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker