Buteng

Bupati Buteng Lantik 16 Kades Terpilih

BUTONPOS.COM, LABUNGKARI – 16 kepala desa (Kades) hasil Pilkades serentak 28 November lalu, resmi dilantik Bupati Buton Tengah (Buteng) H Samahuddin di Pantai Mutiara Mawasangka, Jumat (29/12) sore.

16 Kades tersebut berasal dari enam kecamatan. Dari Kecamatan Sangia Wambulu yakni Desa Baruta (Bakir) dan Desa Baruta Analalaki (Saharia). Kecamatan Gu Desa Bantea (La Udi) dan Desa Kolowa (Yasman).

Kecamatan Lakudo yakni Desa Waara (H Samsul Zinu), Desa Matawine (Irwan), dan Desa Lolibu (Sahrul Asmi). Kecamatan Mawasangka Tengah (Masteng) yakni Desa Langkomu (Mardin), Desa Lalibo (Awaludin), dan Desa Watorumbe (Dahlan).

Kecamatan Mawasangka Timur (Mastim) yakni Desa Batubanawa (Zaibudin), Desa Wantopi (La Ogo), dan Desa Bungi (Nuzula). Kecamatan Mawasangka yakni Desa Oengkolaki (La Daheru), Desa Kancebungi (Sahiruddin), dan Desa Matara (Abidin).

Bupati Buteng H Samahuddin dalam sambutannya menghimbau para Kades terpilih dan Kades yang masih menjabat agar berhati-hati menggunakan dana desa yang sudah dikucurkan pemerintah pusat. Apalagi saat ini sudah diawasi pihak kepolisian, Kejaksaan, dan Inspektorat.

“Jangan asal sembarang kerja atau buat kegiatan kalau tidak efektif dan bermanfaat untuk masyarakat. Menyusun Rencana Anggaran Biaya (RAB) harus diatur dengan baik dan dilaksanakan secara transparan,” himbaunya.

Orang nomor satu di Kabupaten Buteng ini berpesan kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) untuk memantau pengelolaan dana desa dan kegiatannya, sehingga tidak mengorbankan kepala desa. Kalau ada kesalahan dalam perencanaan dan kegiatannya agar selalu diingatkan dan diberi petunjuk yang benar, sehingga tidak mengorbankan kepala desa.

“Jangan hanya karena rupiah sedikit pada akhirnya mengorbankan diri dan keluarganya. Saya ingatkan kepada kepala desaku tercinta, marilah kita bangun daerah ini dengan seadil-adilnya dan sejujur-jujurnya. Mari kita berdoa kepada Tuhan agar Buteng ini maju dan sejahtera demi untuk kemakmuran masyarakatnya,” ajaknya.

Bupati juga meminta kerja sama kepada Kades terpilih maupun Kades yang masih menjabat serta para camat untuk membantunya dalam program pelebaran jalan dengan mensosialisasikannya kepada masyarakatnya.

“Sengaja pelantikan para Kades hari ini saya pusatkan di Pantai Mutiara ini, agar para Kades dan masyarakatnya yang datang dapat melihat pelebaran jalan lingkar Mawasangka-Mawasangka Tengah. Ini akan menjadi contoh bagi desa dan kecamatan lainnya dalam program pelebaran jalan 2018 nanti,” bebernya saat diwawancara awak media usai pelantikan Kades.

Di tempat yang sama, Wakil Bupati Buteng Kapten Inf (Purn) La Ntau menambahkan, digelarnya pelantikan para Kades di Pantai Mutiara ini sesuai permintaan para Kades dan bupati, sekaligus melihat dan meramaikan obyek wisata.

“Kalau pelantikannya di dalam gedung, terbatas orang masuk. Apalagi masyarakat ingin melihat langsung kepala desanya dilantik,” tandasnya.

Orang nomor dua di Kabupaten Buteng ini berharap visi misi Samahuddin-La Ntau (SamaTau) yang membangun mulai dari desa dapat diimplementasikan para kepala desa, utamanya dalam hal pelebaran jalan untuk mensosialisasikannya kepada masyarakat.

“Kepala desa adalah pimpinan paling bawah atau ujung tombak bupati dalam melaksanakan visi misinya ke masyarakat. Kalau mereka (Kades, red) tidak jalan, maka program bupati juga tidak akan jalan dengan baik,” pungkasnya.

Pantauan Buton Pos, pelantikan 16 Kades ini dihadiri Ketua DPRD Adam, Wakil Ketua DPRD Muthalib, para anggota DPRD, Sekab La Ode Hasimin, para camat, Danramil, dan Kapolsek. Para Kades yang dilantik didampingi isteri atau suaminya beserta keluarga dan masyarakatnya.

Memanfaatkan pelantikan di obyek wisata pantai tersebut, masyarakat menggelar makan bersama sekaligus piknik. Mereka juga sambil mencari spot-spot indah di sepanjang pantai untuk foto bersama.(uzi)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker