Butur

Bupati Butur Minta Kades Bentuk Pemuda Keamanan Desa

BUTONPOS.COM, BURANGA – Upaya menjaga keamanan lingkungan sangatlah penting untuk dilakukan. Meskipun pemerintah telah menjamin keamanan dengan mengerahkan aparat penegak hukum seperti polisi dan tentara. Namun sebagai warga tetap bertanggungjawab atas keamanan lingkungannya masing-masing, utamanya di desa.

Untuk itu, warga harus tetap berpartisipasi mendukung terciptanya keamanan lingkungan demi mengantisipasi kemungkinan yang akan terjadi, yang bisa saja terjadi sewaktu-waktu, apalagi ketika lepas dari pengamanan aparat, disebabkan terkendala jarak dan lokasi.

Olehnya itu, Bupati Buton Utara (Butur) Abu Hasan meminta kepada para Kades untuk segera membentuk kelompok pemuda yang khusus menjadi keamanan di desa. Hal itu guna menjaga keamanan di desa setempat.

“Kalau bisa para kepala desa bentuk pemuda dua atau tiga orang untuk menjadi keamanan di desa, bila perlu mereka di berikan honor tiap bulannya,” kata Abu Hasan, saat menghadiri acara pesta panen di desa Gunung Sari kecamatan Bonegunu.

Menurutnya, pembentukan pemuda keamanan desa semata-mata untuk menjaga situasi keamanan desa, dari berbagai ancaman pencurian. Hal itu, kata Bupati, dapat membantu aparat kepolisian dalam menciptakan keamanan didalam desa. Sebab jumlah aparat kepolisian di Butur masih sangat kurang.

“Bisa saja mereka (pemuda, red) nanti ditugaskan menjaga kebun dan ternak warga, juga menjaga keamanan rumah-rumah warga di malam hari,” jelasnya.(m7)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker