Sultra

Bupati Konkep Minta Kades tak Rombak Aparat Desa

BUTONPOS.COM, LANGARA – Bupati Konawe Kepulauan (Konkep) H Amrullah, didampingi Wakil Bupati Andi Muhamad Lutfi meminta para Kades se-kabupaten Konkep, untuk tidak melakukan perombakan struktur perangkat desa tahun ini.

Hal itu dikarenakan akan berakibat fatal terhadap sistem pelaporan dan administrasi pertanggungjawaban pemerintah desa, baik pada tingkat kabupaten, provinsi maupun pusat.

Demikian ditegaskan Bupati H Amrullah, dalam rapat koordinasi dengan para Kades se-kabupaten Konkep yang berlangsung di aula gedung serbaguna Pemda Konkep belum lama ini.

Ia mengatakan, permasalahan yang kerap terjadi pasca Pilkades biasanya ada dinamika pergantian perangkat desa. Hal tersebut, kata H Amrullah, para Kades tidak dapat secara sewenang-wenang melakukan pergantian aparat desa tanpa alasan yang jelas. Apalagi kinerjanya masih sangat bagus.

“Saya tegaskan kepada para Kades jangan terlalu gampang mengganti perangkat desa yang sudah terbentuk, ini punya konsekuensi. Ada pengaruhnya terhadap administrasi dan pelaporan pertanggungjawaban kepada pemerintah pusat, jadi hati-hati,” imbau Amrullah.

Dijelaskannya, pergantian aparat desa hanya bisa dilakukan dengan tiga hal yakni, apabila mengundurkan diri, meninggal dunia, terlibat kasus pidana. Tiga hal itu yang paling prinsip. Sedangkan faktor lain kecuali tidak loyal.

Mengenai pelaksanaan kegiatan dana desa, Bupati meminta para kepala desa agar langsung berkoordinasi dengan para mantan pelaksana desa untuk melakukan serah terima jabatan dan aset, supaya kegiatan selanjutnya dapat dilaksanakan secepatnya.

“Para Kades yang sudah definitif segera melakukan adaptasi dan penyesuaian kerja di desa. Secepatnya lakukan koordinasi dan serah terima aset dari pejabat sebelumnya, ini sangat penting untuk kelanjutan program pembangunan desa,” pinta H Amrullah.

Pada saat yang sama, Wakil Bupati Andi Muhamad Lutfi meminta para Kades agar dalam menjalankan tugas pelayanan masyarakat senantiasa melakukan koordinasi dan konsultasi dengan Camat dan instansi teknis Pemda Konkep.

“Saya harap para Kades agar selalu melakukan koordinasi dan konsultasi dengan Camat dalam melaksanakan tugas pelayanan di tengah masyarakat. Supaya terjalin sinergitas yang baik,” tandas Andi Muhamad Lutfi.(p4)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker