Busel

Busel Belum Siap TerapkanTransaksi Non Tunai. Ini Alasannya…

BUTONPOS.COM, BAUBAU – Seluruh pemerintah daerah diimbau siap menerapkan transaksi non tunai paling lambat 1 Januari 2018. Imbauan transaksi non tunai tersebut tertuang dalam Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 910/1866/SJ tentang Implementasi Transaksi Non Tunai pada Pemerintah Daerah Provinsi.

Menyikapi hal itu, Pemerintah Kabupaten Buton Selatan melalui Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Busel Muhammad Massad, SE, M.Si menyatakan Busel belum siap.

Dikatakannya, masalah infrastruktur yang tidak memadai, khususnya perbankan menjadi kendala utama.

“Infrastruktur perbankan hanyalah berada di Batauga. Sedangkan di wilayah Busel yang lain, jangankan kantor bank, ATM saja tidak ada,” ucapnya pada awak media, Selasa (12/12/17).

Ditambahkannya, apabila pemerintah pusat tetap memaksakan seluruh daerah mengimplementasikan transaksi tersebut, hanyalah akan membawa kerugian kepada para pegawai.

“Akan lebih besar pos yang dikeluarkan untuk transportasi apabila tetap diterapkan di Busel. Busel ini wilayahnya empat kecamatan berada di kepulauan, dan tiga kecamatan di daratan. Dan lagi-lagi bank yang ada hanya ada di ibukota Busel,” tambahnya.

Sementara itu, ditambahkan, dalam penerapan transaksi non tunai tersebut di Busel hanya diberlakukan di Batauga, dan untuk enam kecamatan lainnya sedang menunggu kesiapan infrastruktur.

“Kami telah mengajukan ke pihak perbankan agar bisa memfasilitasi infrastruktur yang mendukung. Sehingga Busel bisa mengimplementasikan penerapan transaksi non tunai tersebut secara keseluruhan,” tuturnya.(po2)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker