Busel

Buton Selatan Rawan Banjir dan Longsor, BPBD Siap Siaga

PUBLIKSATU.COM, BATAUGA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Buton Selatan (Busel) mengimbau kepada masyarakat agar selalu meningkatkan kewaspadaan memasuki musim hujan tahun ini. Mengingat dua daerah di Busel masuk kategori rawan banjir dan tanah longsor, yakni di Kecamatan Batauga dan Sampolawa.

“Musim hujan lebat ini, untuk di Busel titik rawan itu di Batauga dan Sampolawa. Kalau di sini (Batauga) banjir, di sana (Sampolawa) banjir dan longsor, karena di situ rumah warga ada di tebing-tebing atau bukit-bukit. Sehingga bisa diprediksi kalau memang terjadi hujan ada potensi. Kemudian di sungai rawannya itu di sekitar Sampolawa, di Masiri. Dua tempat ini yang menjadi pemetaan kami di BPBD,” kata Kepala BPBD Busel, Zamaluddin saat ditemui di ruang kerjanya, kemarin.

Mengantisipasi hal itu, BPBD selalu mengupdate prakiraan cuaca setiap harinya dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Jika akan terjadi hujan atau angin kencang, pihaknya segera menyampaikan hal tersebut kepada masyarakat melalui petugas BPBD di tiap kecamatan.

Kepala BPBD Buton Selatan, Zamaluddin

“Kami selalu konfirmasi dengan BMKG. Desember hingga Februari akan terjadi hujan lebat dan angin. Itu biasanya kalau kami dapatkan seperti itu, kami sampaikan di posko-posko kita di setiap kecamatan,” imbuhnya.

Meski belum terjadi bencana di wilayahnya selama musim hujan ini, BPBD Busel tetap siap siaga melakukan penanggulangan. Dalam waktu dekat, pihaknya akan melakukan pendirian posko di Batauga dan Sampolawa.

“Ini kami menunggu surat terkait pendirian posko untuk mengantisipasi soal itu. Kami kerjasama dengan kepolisian, TNI, PU,” ungkap Zamaluddin.

Lebih lanjut ia meminta kepada masyarakat agar tak melakukan perbuatan yang merusak lingkungan, seperti buang sampah sembarangan dan penebangan hutan. “Cintai alam dan lingkungan kita, maka alam pun akan mencintai kita. Juga kita berdoa semoga tidak terjadi bencana,” pungkasnya.

Berdasarkan prakiraan cuaca dari BMKG Sultra, hari ini tanggal 9 Januari 2020, masih berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai guntur dan angin kencang pada pukul 09.30 WITA di wilayah Kabeana, Buton Tengah (Talaga Raya, Lea-lea, Lakudo, Mawasangka Timur, Mawasangka), Baubau, Buton Selatan, Wakatobi (Kaledupa, Kaledupa Selatan, Tomia, Binongko), Buton (Pasarwajo, Wolowa, Bungi) dan sekitarnya. Kondisi ini dapat berlangsung sampai pukul 11.30 WITA.

Diketahui sebelumnya, akibat intensitas curah hujan yang tinggi memasuki awal tahun 2020 ini, sejumlah daerah di Indonesia sudah terdampak bencana, seperti dii Jakarta dan sebagian wilayah pulau Jawa.

BMKG memprakirakan, puncak musim penghujan akan jatuh pada Februari dan Maret mendatang. Pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk selalu siaga menghadapi cuaca ekstrem tersebut. (sim)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker