Baubau

Caleg PAN Menggugat ke MK, KPU Baubau Ancang-ancang

PUBLIKSATU.COM, BAUBAU – Calon Legislatif (Caleg) Partai Amanat Nasional (PAN), Hj Ratna menggugat hasil Pemilihan Legislatif DPRD Kota Baubau. Caleg daerah pemilihan (Dapil) 2 ini mempersoalkan hasil pleno yang memenangkan calon petahana PAN, La Ode Sahrun.

Permohonan gugatannya sudah resmi diajukan ke MK, Kamis (23/5) lalu. Gugatan teregister sebagai APPP Nomor: 31-12-29/AP3-DPR-DPRD/PAN.MK/2019.

Ratna mempersoalkan hasil pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) Baubau yang menunjukkan angka kemenangan Sahrun dengan selisih satu suara. Padahal, rekap formulir C1, Ratna menang dengan perolehan 1.046 suara dan Caleg PAN nomor urut 1 itu meraih 1.045 suara, bukan sebaliknya.

Pihak Ratna sudah memiliki bukti dan saksi-saksi yang lebih dari cukup yang setidaknya dapat membuktikan kliennya sebagai peraih suara terbanyak. Dimana, kemenangan kliennya itu tersebar di lima kelurahan dari tujuh kelurahan di Kecamatan Wolio itu.

Cuam saja, bukti-bukti tersebut masih dirahasiakan. Tiba waktunya pihak Ratna akan mengungkapkannya di persidangan Mahkamah Konsitusi nanti. Pihak Ratna berharap MK memutus perkara ini dengan adil.

Sementara itu, Koordinator Divisi Hukum KPU Baubau, La Ode Fridi menegaskan, saat ini masih atur langkah yang akan dilakukan untuk menghadapi gugatan Caleg PAN tersebut. “Insha Allah besok (hari ini, red) kami akan rapatkan,” tandas Fridi dihubungi.

Sebelumnya, Juru Bicara tim pemenangan La Ode Sahrun, Samsul Bahri membantah keras tuduhan kemenangan La Ode Sahrun atau akrab disapa Ayub itu diperoleh dengan cara mengubah komposisi suara Caleg PAN lain.

“Karena kami juga punya data dan sudah berkoordinasi dengan saksi-saksi. La Ode Sahrun benar-benar memperoleh 1.046 suara,” pungkas Bojes sapaan akrab Samsul Bahri saat menggelar jumpa pers, Rabu (15/5) lalu.

Selain itu, empat saksi Parpol tingkat kecamatan kompak membela hasil rekapitulasi PPK Wolio yang memenangkan Sahrun sebagai peraih suara terbanyak PAN Dapil Baubau 2. Empat saksi tersebut yakni Muhammad Gunawan (PDIP), Sadaruddin (Golkar), Masrun (Berkarya) dan La Ode Agus (PAN). (exa)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker