Busel

CPNS 2019 Busel Dijatah 57 Orang, Tenaga Guru dan Kesehatan Kosong

PUBLIKSATU.COM, BUTON SELATANB–Pemerintah pusat kembali membuka lowongan penerimaan CPNS tahun 2019. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi hanya memberikan kuota 57 orang buat Pemerintah Kabupaten Buton Selatan.

Dari jumlah 57 orang itu, semua dibutuhkan hanya untuk tenaga teknis. Sedangkan tenaga guru dan kesehatan kosong.

Hal ini berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi nomor 551 tahun 2019 tentang penetapan kebutuhan PNS lingkungan pemerintah Kabupaten Buton Selatan tahun anggaran 2019. Keputusan itu diteken Menteri PAN-RB Syafrudin tanggal 27 September 2019.

“Kuota Busel 57 orang, semua tenaga teknis. Tenaga guru dan kesehatan tidak ada,” kata Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Buton Selatan La Ode Firman Hamsah SPd MM kepada media ini.

Penetapan jatah formasi CPNS 2019 diterima BKPSDM Busel usai rapat koordinasi persiapan pengadaan CPNS tanggal 17 Oktober 2019 lalu di salah satu hotel di Jakarta.

Pelaksanaan rekrutmen CPNS 2019 pendaftaran online sampai dengan seleksi dengan  berbasis Computer Assisted Test (CAT).

Dikatakan, usai menerima kuota CPNS, BKPSDM segera mengumumkan pembukaan seleksi. Rencananya sesuai jadwal Panselnas pendaftaran CPNS akan dimulai November 2019 mendatang. Sedangkan pelaksanaan ujian tes digelar Februari 2020.

Instansi pusat yang rencananya mengadakan penerimaan CPNS tahun 2019 ini sedikitnya 68 kementrian/lembaga. Sedangkan instansi daerah  sebanyak 461 provinsi, kota/kabupaten.

Lebih jauh Firman Hamzah menjelaskan, sesuai yang diusulkan BKPSDM Busel dalam e-formasi dengan berdasarkan analisis beban kerja (ABK), analisis jabatan (ANJAB) dan Peta Jabatan terdiri dari 60 P3K dan 167 CPNS. Jumlah itu yang diusulkan ke KemenPAN-RB.

Kata dia, selanjutnya yang sudah diverifikasi oleh MENPAN RB pada rakornas yang lalu sebelum penyerahan Penetapan kuota CPNS. Hasilnya terdiri 58 P3K dan 159 CPNS.

Namun sesuai SK 551 Menteri PANRB tentang penetapan kebutuhan PNS lingkungan pemerintah Kabupaten Buton Selatan tahun anggaran 2019 hanya mendapatkan jatah 57 orang CPNS tahun anggaran 2019 ini.

Rencananya sesuai jadwal penerimaan CPNS tahun 2019 molor. BKPSDM segera mengumumkan formasi CPNS 2019 dalam waktu dekat. Direncanakan pelaksanaan ujian Seleksi Kompetisi Dasar (SKD) digelar Februari 2020.

Jumlah itu sangat jauh dibandingkan tahun 2018 lalu penerimaan CPNS di Kabupaten Busel mendapatkan kuota 428 orang. Namun yang lolos hanya 410 orang kini CPNS itu tengah mengikuti Latsar.

Anggaran belanja pegawai di Busel masih di bawah 50 persen yakni hanya sekitar 35 persen dari total APBD sehingga masih memungkinan untuk penambahan pegawai.
(aga)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker