Butur

Cuma Sehari Pembahasan APBD 2018 Butur

BUTONPOS.COM, BURANGA – Tidak seperti pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) perubahan 2017 yang menghabiskan waktu hingga sepekan. Justru kali ini, pembahasan APBD 2018 berjalan lancar. Bahkan, cuma sehari langsung diparipurnakan.

Kelancaran ini tak lepas dari peran Badan Anggaran (Banggar) DPRD Butur, karena sebelumnya sudah digodok dan diteliti setiap item anggaran APBD 2018 tersebut. Hal ini diungkap, ketua DPRD Butur, Muh. Rukman Basri Zakariah SE.

Menurutnya, pembahasan APBD 2018 tinggal disesuaikan komisi. Sebab, Banggar sudah meneliti dan menggodok setiap item anggaran. “Ketika anggaran itu tidak berubah, komisi langsung setuju,” kata Rukman di ruang kerjanya, Rabu (27/12).

Secara keseluruhan, lanjut legislator PAN ini, APBD 2018 masih memprioritaskan pembangunan infrastruktur. Dan tidak mengenyampingkan urusan wajib, yakni 20 persen anggaran pendidikan dan kesehatan 10 persen.

Soal keterlambatan pembahasan APBD 2018, menurut Rukman, permasalahnnya bukan di DPRD. Melainkan pemerintah terlambat memasukan dokumennya. Sehingga APBD 2018 baru ditetapkan pada Jumat (21/12) lalu.

Ia berharap, ke depan kejadian ini tidak terulang lagi. Andai Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) tepat waktu memasukan dokumen KUA/PPAS.

Dewan mengapresiasi pernyataan Bupati Butur, Abu Hasan, bahwa ke depan KUA/PPAS akan dimasukan tepat waktu. Sehingga pembahasan APBD-P 2018 maupun APBD 2019 tidak dalam kondisi injuri time seperti saat ini.

Dikatakan, saat ini pihaknya masih menunggu hasil evaluasi APBD 2018 yang dilakukan provinsi untuk diharmonisasi. Harmonisasi ini untuk mencocokan dokumen yang disepati bersama eksekutif sesuai yang tercantum dalam KUA/PPAS.(ary)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker