Buteng

Dana BOS Buteng Triwulan IV Siap Dicairkan

BUTONPOS.COM, LABUNGKARI – Penantian panjang SD dan SMP di Kabupaten Buton Tengah (Buteng) akan pencairan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) triwulan IV segera berakhir. Dana yang seharusnya disalurkan awal Oktober atau tujuh hari awal triwulan itu, siap dicairkan dalam waktu dekat ini.

“Kabar gembira buat sekolah-sekolah (SD dan SMP) di Buteng, dalam waktu dekat ini dana BOS untuk triwulan IV akan dicairkan,” ungkap Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan dan kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Buteng, Nafi’u SPd MPd ditemui di ruang kerjanya, Kamis (7/12).

Kepastian pencairan itu disampaikannya karena seluruh adminstrasi untuk proses pencairannya sudah ditanda tangani Kadis Dikbud Kabupaten Buteng Hasan Tali dan telah dikirim ke Pemerintah Provinsi Sultra.

“Kami sudah disampaikan pihak provinsi bahwa pencairan Dana BOS triwulan IV siap dicairkan dalam waktu dekat ini atau paling lambat pertengahan Desember,” tuturnya.

Pria asal Kecamatan Mawasangka Tengah (Masteng) ini menerangkan, untuk jenjang SD terdapat 94 sekolah yang terdiri 91 SD negeri dan tiga SD swasta. Sementara jenjang SMP sebanyak 37 sekolah, terdiri 34 SMP negeri dan tiga SMP swasta.

“Untuk SD, total dana BOS yang akan dicairkan Rp 2,46 miliar, sedangkan SMP secara keseluruhannya sebanyak Rp 1,26 miliar,” beber Nafi’u.

Dari angka tersebut, jumlah yang akan diterima bagi siswa penerima masih sama dengan tahun sebelumnya. Untuk SMP mendapat Rp 1 juta per siswa dan SD Rp 800 ribu. “Kita belum tahu untuk 2018 nanti, apakah masih tetap sama dengan tahun ini atau berubah. Kita masih menunggu petunjuk teknis dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,” tandasnya.

Sebagaimana dikutip dari inilahsultra.com, Manager BOS Sultra La Samahu mengaku anggaran untuk seluruh sekolah di Sultra telah siap dan tinggal disalurkan. “Yang jelas, pertengahan Desember ini dan BOS untuk triwulan IV sudah cair,” ungkapnya, Selasa (5/12).

La Samahu menjelaskan, total dana BOS yang disalurkan pada triwulan terakhir ini untuk seluruh sekolah di berbagai tingkatan sebanyak Rp 113,4 miliar. “Anggaran tersebut sudah mencakup SD, SMP, SMA dan sederajat atau swasta dan SLB,” jelasnya. (uzi)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker