Busel

DD Busel Tahap II Sudah Masuk Kasda

BUTONPOS.COM, BATAUGA – Dana Desa (DD) tahap II tahun 2017sudah berada di kas daerah Kabupaten Buton Selatan (Busel). Saat ini sedang dalam proses pembuatan Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) untuk desa yang sudah menyelesaikan dokumen Laporan Pertanggungjawaban (Lpj).

Total dana sebesar Rp 49 miliar lebih itu disalurkan ke 60 desa se-Busel yang dicairkan dalam dua tahap. Tahap pertama (Januari-Juli) 60 persen Rp 30 miliar, tahap kedua Agustus-Desember 40 persen Rp 19 miliar.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Busel, La Siambo melalui Kabid Pemdes, Abdul Muthalib mengatakan, DD tahap II sudah masuk ke kas daerah sejak akhir November lalu. Dalam waktu dekat ini juga akan ditransfer ke rekening desa. DD yang bisa mencairkan adalah bagi desa yang sudah menyelesaikan Lpj tahap satu.

“Jika belum menyelesaikan LPJ nya untuk tahap satu. Tetap uangnya masuk ke kas desa tapi belum bisa dicairkan,” ujar Abdul Muthalib.

Dia berharap, penyalurannya DD dapat dituntaskan secepatnya bulan ini. Sehingga desa secepatnya mmerealisasikan rencana kegiatan pembangunan. Selanjutnya, pencairan DD tahap I (Januari-Juli) 2018 bisa bisa mulus mengingat pagu anggaranya sudah ada.

“Diupayakan agar penyaluran dana desa ini tuntas 100 persen untuk tahap dua ini. Kemudian tinggal menunggu lagi pelaporan realisasi penyerapan dana desa tahun 2017. Sebab LPJ tahun 2017 itu yang perlu dilaporkan ke pusat untuk mendatangkan lagi dana desa 2018,” jelasnya. (aga/exa)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker