Buteng

Desa Walando Terbantu dengan Dana Sosial

BUTONPOS.COM, LABUNGKARI – Pemerintah Desa (Pemdes) Walando, Kecamatan Gu, Kabupaten Buton Tengah (Buteng) tak hanya memanfaatkan Dana Desa dan Alokasi Dana Desa (ADD) saja dalam membangun desa, tetapi berupaya juga “menjolok” anggaran bantuan dari Kementerian Sosial.

Setelah sebelumnya mendapatkan bantuan dana Keserasian Sosial 2017 sebanyak Rp 109 juta, disusul lagi dengan bantuan Berketahanan Sosial sebesar Rp 50 juta. Kedua bantuan ini didapatkan Pemdes Walando melalui Dinas Sosial Kabupaten Buteng.

Kades Walando Mursidi menuturkan, dana Keserasian Sosial sudah dipergunakan pihaknya untuk pembangunan fisik dan pelatihan keserasian sosial bagi masyarakat Desa Walando yang dikelola langsung Forum Keserasian Sosial Desa Walando.

Khusus pembangunan fisik, dianggarkan sebanyak Rp 78 juta untuk pembangunan gerbang Keserasian Sosial di dua jalur masuk desa, pembuatan plafon dan kubah masjid. Selain itu dibuat pula tugu Keserasian Sosial dengan anggaran Rp 5 juta.

Untuk pelatihan dan pembinaan kepada masyarakat dianggarkan Rp 20 juta dengan tiga kali pertemuan, dimana didalamnya ada sembilan materi yang berhubungan dengan Keserasian Sosial.

Sementara, bantuan Berketahanan Sosial digunakan pihaknya untuk tiga item kegiatan, yakni pembuatan kaca-kaca masjid, pembuatan lapang volly, dan pengadan baju PKK.

“Semuanya sudah kita laksanakan kegiatannya dan bahkan sudah dilakukan pemeriksaan oleh tim dari Dinas Sosial Provinsi Sultra,” beber Mursidi kepada Buton Pos, Selasa (5/12).

Mursidi mengaku, dengan adanya dana Keserasian Sosial dan bantuan Berketahanan Sosial tersebut, Desa Walando dapat membantu kemajuan pembangunan dan peningkatan kapasitas masyarakat Desa Walando terhadap pencegahan konflik sosial.

Atas nama pemerintah dan masyarakat Desa Walando, Mursidi mengucapkan banyak terima kasih kepada Kemensos RI dan Pemkab Buteng melalui Dinas Sosial yang telah memberikan bantuan sosial untuk pembangunan dan pemberdayaan masyarakat, sehingga bisa dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat Desa Walando.(uzi)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker