Baubau

Dewan Pendidikan Harap Baubau jadi Kota Edukasi

BUTONPOS.COM, BAUBAU – Meskipun anggaran pendidikan masih terbilang minim, namun Ketua Dewan Pendidikan (KDP) Kota Baubau, Sahirsan, lebih berharap agar Baubau kedepan bisa menjadi salah satu panutan dan tempat orang untuk nenimba ilmu dan menjadikannya sebagai kota edukasi atau kota pendidikan.

“Harapan selanjutnya adalah Baubau jadi kota pendidikan, sebab human indeks pembangunan pendidikan kita nomor dua setelah Kendari untuk Sultra. Dan untuk anggaran pendidikan sementara ini kita katakan masih kurang, tetapi itu sudah keluhan klasik. Tinggal kita modelkan dengan anggaran karena semuanya tidak selalu dengan uang,” jelas Sahirsan kepada awak media usai kegiatan sekolah dan rumah layak anak, di Gedung Pancasila Baubau, Selasa (19/12/17).

Potensi untuk menjadikan Baubau sebagai kota edukasi, ia melihat banyaknya jumlah peserta didik mulai dari TK sampai SMA sekitar 36.000 orang dengan berhasil mencetak lulusan SMA setiap tahunnya sebanyak 4.000 orang. Lebih lanjut Sahirsan juga menyatakan dukungan untuk dijadikannya Baubau sebagai kota ramah anak, seperti yang disarankan oleh Ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) Seto Mulyadi.

“Kalau Dewan Pendidikan tadi Kak Seto sudah memberikan saran bahwa setiap RT dan RW harus ada Satgasnya. Fungsi dewan pendidikan mendukung sepenuhnya, dan kita sudah ada konsep baru yakni ramah anak dan ramah lingkungan anak,” ujarnya.

Pihaknya juga akan memfasilitasi program terkait pembentukan lembaga ramah anak dengan melakukan advokasi ke DPRD dan Pemerintah Kota Baubau.

“Kalau ada kesulitan kita bisa menfasilitasi. Tentunya melakukan advokasi ke DPRD dan pengambil kebijakan dalam hal ini Pemkot Baubau terkait pembentukan lembaga ramah anak di lingkungan. Kita fasilitasi, beri saran, mendukung dan mengontrol,” tutupnya. (po4)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker