Baubau

Dewan Setuju PDAM Baubau Disuntik Rp 6 M

PUBLIKSATU.COM, BAUBAU – Tahun ini, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) mendapat suntikan modal dari Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau sebesar Rp 6 miliar. Panitia Khusus (Pansus) DPRD Baubau sudah menyutujui Rancangan Peraturan Daerah (Raperda)-nya untuk disahkan jadi Perda.

“Hari ini, kita sudah sepakati. Nilainya penyertaan modalnya, Rp 6 miliar,” ungkap Ketua Pansus Raperda Penyertaan Modal Pemkot Baubau Kepada PDAM Baubau, Feto Daud, dikonfirmasi usai rapat, Kamis (13/2).

Legislator PKB ini membeberkan, ada catatan khusus yang terhadap tarang tubuh Raperda tersebut. Dimana, Pemkot Baubau tidak wajib setiap tahun mengajukan Raperda tentang Penyertaan Modal kepada PDAM.

“Tetapi kita membuat Raperda itu untuk kurun waktu sampai 2024. Jadi, Rp enam miliar itu tidak harus habis tahun ini. Harus dipakai sesuai dengan kebutuhan, mungkin bisa tiga atau empat miliar,” ujar dia.

Menurut dia, Perda penyertaan modal dianggap urgen, dimana Februari ini sudah harus ada. Sebab, Perda ini merupakan salah satu syarat Pemkot untuk mendapatkan dana hibah air minum gratis dari Kementerian PUPR.

“Setelah (Pansus) ini, harus kita harus kita paripurnakan dulu. Kemudian dikonsultasikan ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara,” tandas Feto Daud.

Sementara itu, Plt Direktur PDAM Baubau, La Ode Ali Hasan menjelaskan, pada dasarnya suntikan modal ini hanya bersifat sebagai jaminan untuk mendapatkan hibah air minum kepada dari pemerintah pusat. Setelah pipa Sambungan Rumah (SR) sudah terpasang, maka uang tersebut dikembalikan lagi ke kas daerah.

“Tapi bantuan itu hanya untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Tahun ini, rencananya kita pasang 2.000 SR dengan nilai Rp 3 juta per SR. Jadi, totalnya Rp 6 miliar. Tahun 2021 lain lagi,” urai Ali Hasan, dikonfirmasi via seluler.

Kabag Ekonomi Setda Baubau ini menambahkan, data-data calon penerima bantuan hibah air minum tersebut berasal dari pemerintah kelurahan masing-masing. “Syaratnya antara lain ada sumber airnya,” tandasnya.(exa)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker