Buteng

Dilantik Jadi Sekda Buteng, Konstantinus Bukide Langsung Tancap Gas

PUBLIKSATU.COM, LABUNGKARI – Bupati Buton Tengah (Buteng) H Samahuddin rupanya menjatuhkan pilihan kepada H Konstantinus Bukide SH MSi untuk menjadi Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Buteng, menggantikan H La Ode Hasimin yang mengundurkan diri lebih awal sebelum pensiun 31 Desember 2019 karena mengalami sakit stroke.

Konstantinus merupakan salah satu dari tiga calon Sekda Buteng berkompeten lainnya, hasil seleksi lelang terbuka yang dilaksanakan panitia seleksi (Pansel) Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) Sekda Buteng, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), belum lama ini.

Senin sore (14/10/2019), Konstantinus Bukide yang sebelumnya menjabat Kadis Sosial Kabupaten Buton Selatan (Busel) dilantik secara resmi sebagai Sekda Kabupaten Buteng oleh Bupati Buteng H Samahuddin di aula kantor bupati. Pelantikan jenderal ASN Buteng yang baru itu, turut disaksikan Wakil Bupati Buteng Kapten Inf (Purn) La Ntau, pimpinan sementara DPRD Kabupaten Buteng bersama anggota, dan para Kepala OPD lingkup Pemkab Buteng.

Mengawali sambutannya, Bupati Samahuddin atas nama pribadi, pemerintah dan masyarakat Buteng menyampaikan terima kasih kepada Sekda Buteng sebelumnya H La Ode Hasimin yang telah empat tahun lebih mengabdikan diri pada Buton Tengah.

“Insya Allah segala amal dan kebaikan Bapak, akan terbalasakan oleh Allah SWT dan menjadi kenangan buat ASN dan masyarakat Buton Tengah. Sekali lagi terima kasih buat Bapak dan keluarga,” ucap Samahuddin.

Kepada Sekda Buteng yang baru, ia juga mengucapkan selamat datang dan selamat atas jabatan yang sudah diamanahkan. “Selamat datang di Buton Tengah yang tidak lain juga tanah kelahiranmu. Selamat bergabung pada pemerintahan SamaTau (Samahuddin-La Ntau),” ucap Bupati Samahuddin saat memberikan sambutan.

Menurutnya, pelantikan seperti ini seolah menjadi ajang silaturahim dan perenungan buat semuanya. Karena jabatan yang diemban dan jabatan yang diraih, semua telah digariskan oleh Allah SWT. Jabatan itu titipan, jadi jangan terlalu dikejar apalagi dipikirkan dengan tidak bijak sehingga langkah yang diambil terkadang salah.

“Saya ingatkan, jabatan itu sudah diatur oleh Allah SWT dan jabatan itu ada waktunya. Kalau Allah sudah berkehendak, kapanpun kita bisa berhenti,” tandasnya.

Orang nomor satu di Kabupaten Buteng ini menerangkan, pengangkatan Sekda Buteng telah melalui proses sesuai ketentuan yang berlaku dan memakan waktu yang relatif lama. Mulai dari tahap pendaftaran, seleksi berkas, wawancara, permintaan rekomendasi gubernur dan rekomendasi KASN. “Segala sesuatunya butuh proses dan tidak ada yang instan dalam setiap capaian,” kunci Samahuddin.

Selanjutnya, ia mengajak semua hadirin dan undangan untuk bersama-sama menuju rumah Sekda lama La Ode Hasimin untuk memberikan ucapan terima kasih atas pengabdiannya selama menjadi Sekda Buteng dan mendoakan agar cepat sembuh dari sakitnya.

La Ode Hasimin yang mendapat penghargaan dan penghormatan itu, mengucapkan permohonan maaf kepada seluruh ASN Kabupaten Buteng bila ada kehilafan. Karena biar bagaimanapun sebagai manusia biasa tak pernah luput dari kesalahan.

“Pesan saya kepada Sekda Buteng yang baru, mari kita memberikan contoh yang baik kepada ASN seperti disiplin, kehadiran tepat waktu, dan contoh harus tinggal di Buteng. Alhamdulillah, selama ini saya selalu memberikan contoh datang cepat dan pulang terlambat. Tinggal di Lakudo dan nanti hari libur baru pulang ke Baubau,” tuturnya.

Sementara itu, Sekda Buteng yang baru H Konstantinus Bukide mengaku pasca dirinya dilantik langsung bekerja dengan menggelar rapat bersama para Kepala OPD untuk merumuskan hal-hal yang harus segera dilaksanakan, seperti merumuskan Rencana Kerja Anggaran (RKA) RAPBD 2020 dan revisi RPJMD.

“Apa yang beliau (Sekda lama, red) sudah laksanakan dengan baik selama ini, kita tetap lanjutkan. Sementara yang masih kurang akan kita dorong dan tingkatkan. Tidak usah khawatir kalau saya masuk ini harus merubah sistim yang ada,” singkatnya.(uzi)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker