Butur

Disdukcapil Butur: 2.639 Warga Belum Rekam KTP-el

BUTONPOS.COM, BURANGA — Jumlah penduduk di Kabupaten Buton Utara (Butur) yang belum melakukan perekaman kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) masih lumayan banyak. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) setempat mendata, masih ada 2.639 warga di daerah kendali Bupati, Abu Hasan itu belum memiliki tanda pengenal elektronik.

Dikutip dari kendaripos.co.id, pihak satuan kerja perangkat daerah itu terus mengimbau warga segera datang melakukan perekaman KTP-el. Apalagi, tahun 2018 nanti akan digelar pemilihan kepala daerah serentak.

“Jumlah warga yang belum melakukan perekaman per Oktober 2017 sebanyak 2.639 jiwa dari jumlah wajib KTP-el mencapai 42 ribu jiwa. Sedangkan yang telah melakukan perekaman sebanyak 39.361 jiwa,” ujar Kadisdukcapil Butur, Asri, saat ditemui di ruang kerjanya, akhir pekan lalu.

Ia mengungkapkan, masih banyaknya warga yang belum merekam disinyalir karena data mereka ganda. Sebab, pada saat menyasar warga ke desa-desa, mayoritas justru sudah melakukan perekaman.

“Setelah dikroscek kebenarannya di lapangan, sisa yang belum lakukan perekaman banyak ditemukan data ganda, meninggal dunia dan sedang berada di luar daerah. Data itu dikeluarkan Kemendagri,” terangnya.

Dia menambahkan, stok blangko KTP-el masih terbatas. Kendati begitu, untuk terus mengoptimalkan pelayanan, pihak Disdukcapil melaksanakan pelayanan perekaman dengan pola “jemput bola” ke kantor kelurahan dan desa.

Namun, proses pelayanan ini diprioritaskan bagi para wajib KTP-el pemula atau yang belum pernah memiliki identitas diri. (kp)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker