Baubau

Diskop Baubau Data Jumlah Koperasi

BUTONPOS.COM, BAUBAU – Dinas Koperasi dan UKM Kota Baubau terus melakukan pendataan jumlah koperasi yang masih beroperasi di lingkup wilayah Kota Baubau.

Samsul Bahri, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kota Baubau mengatakan dinas yang sedang dipimpinnya itu tengah melakukan pendataan guna mengecek jumlah koperasi yang masih aktif, kemudian yang kurang aktif, dan tidak aktif.

“Makanya di 2017 ini kita berikan himbauan-himbauan kepada koperasi supaya segera melaksanakan RHT. Disitulah kita lihat perkembangan dari RHTnya, apakah lancar, tidak lancar, atau tidak pernah,” kata Samsul Bahri saat ditemui diruang kerjanya, Rabu (13/12/2017)

Selanjutnya Samsul mengatakan kalau sudah tidak aktif lagi, maka akan diusulkan untuk dibubarkan.

“Supaya jangan masuk hanya dalam jumlah ternyata yang aktif hanya sekian saja itu,” ujar Samsul.

Sejauh pendataan yang dilakukan jumlah koperasi yang tidak lagi aktif berjumlah, jelas kadis mengatakan sejauh ini koperasi yang tidak aktif ini susah untuk di data terkendala oleh pengurus koperasi yang sudah tidak aktif lagi.

“Sudah tidak ada orangnya tidak jelas alamat kantornya. Jadi dulu ada program pemerintah, dia buat koperasi terus dapat bantuan, setelah memperoleh bantuan mungkin dia mengalami pailit kemudian menghilang,” terang samsul.

Samsul menjelaskan akan melakukan pembinaan bagi koperasi yang masih aktif, serta akan memberikan solusi terhadap masalah yang dihadapi koperasi.

“Mungkin dalam membuat pembukuan dia tidak mengerti, karena ada juga yang belum mengerti bagaimana membuat pembukuan, nanti kita akan lakukan pembinaan-pembinaan,” jelas Samsul.
(po3)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker