Buton

Diskop Buton Selamatkan Koperasi tak Aktif

BUTONPOS.COM, PASARWAJO – Sedikitnya 40 dari 172 Koperasi berbadan hukum yang bergerak di berbagai macam usaha dan tersebar di tujuh Kecamatan Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggra terkategori tidak aktif.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupeten Buton, Harsila menjelaskan tidak aktifnya Koperasi itu bukan berarti dibubarkan, tentunya ada upaya-upaya agar itu bisa berjalan kembali.

“Tapi bukan berarti tidak aktif itu kita serta merta membubarkan koperasi itu, kita tentunya ada upaya-upaya,” ungkapnya kepada Butonpos.com di ruang kerjanya, kompleks Perkantoran Takawa Gedung C lantai II, Senin (18/12/17).

Lebih lanjut ia menjelaskan upaya dimaksud yakni mencari penyebab sehingga mudah menentukan titik permasalahan kemudian diberikan masukan.

“Kita melihat apa sih sehingga dia tidak bisa berkembang. Apa sih sehingga dia bergerak seperti yang kita harapkan ketika itu kita sudah dapatkan titik permasalahannya maka kita sudah bisa memberikan saran-saran masukan,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia mencontohkan, misalnya saja ada koperasi yang mandek akibat modal tergerus digunakan anggota.  Solusinya adalah satu persatu  anggotanya akan diberikan pemahaman supaya modal yang sudah dipinjam di koperasi itu sedapat mungkin dikembalikan.

Harsila menjelaskan hal itu dilakukan untuk menyelamatkan badan hukum yang dikeluarkan pemerintah.

“Yang kita selamatkan apa badan hukumnya karrna badan hukum itukan sudah di terbitkan oleh pemerintah, ini harus kita jaga,” katanya.

Tak hanya itu Harsila menjelaskan bantuan lintas sektor kementerian tidak akan diberikan untuk perorangan dan kelompok yang tidak berbadan hukum.

“Apalagi sekarang ini ada beberapa lintas sektoral itu lintas kementerian itu tidak akan diberikan lagi bantuan untuk orang-perorang, bentuk kelompok-perkelompok kalau dia tidak punya badan hukum,” pungkasnya.

Lanjut Harsila menjelaskan untuk mempermudah pemantauan Badan Hukum itu diupayakan berbentuk koperasi. (Po1)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker