Buton

Disnaker Buton Tekan Pengangguran Lewat DD

BUTONPOS.COM, PASARWAJO – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Buton terus mengambil langkah strategis untuk menekan angka pengangguran. Salah satu wujud konkritnya adalah memanfaatkan Dana Desa (DD).

Setelah menghadiri forum Bursa Inovasi Desa (BID) di Gedung Wakaka Pasarwajo, Rabu (27/12), Kepala Disnaker Kabupaten Buton, Harmin, langsung berinisiatif untuk memanfaatkan DD sebagai alat peningkatan jumlah tenaga kerja di desa-desa.

Menurutnya, program inovasi desa sangat cocok bila dipadukan dengan program kerja pihaknya.

Untuk itu, langkah awal yang akan ditempu Harmin adalah melakukan koordinasi dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Buton sebagai instansi yang menaungi seluruh desa. Hal ini bertujuan untuk menyamakan presepsi dan program kerja supaya tidak bertentangan.

“Sekarang tinggal kita samakan presepsi dulu dengan dinasnya Pak Alimani (Kepala DPMD) agar tidak terjadi pertentangan program-program,” kata Harmin, ketika ditemui usai forum BID di Gedung Wakaka.

Dijelaskan, tidak sulit memanfaatkan DD untuk menekan angka pengangguran. Pihaknya tinggal masuk menyesuaikan sesuai strategi yang akan disusun.

“Apakah barangkali mungkin anggarannya bisa kita kawinkan atau kami yang siapkan tenaga pelatihan sebagai nara sumber, nanti kita susun rencananya supaya bisa jalan beriringan,” terangnya.

“Sekarang tinggal bagaimana kita sinkoronkan antara dua dinas ini (Disnaker dan DPMD) supaya program-program yang ada tidak tumpah tindih tapi dapat jalan bersama-sama,” sambungnya. (man)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker